Home » Tips » 4 Cara Mudah Mengetahui Kadar Borax Dalam Makanan

Maraknya kabar yang beredar tentang makanan yang mengandung borax tentu membuat setiap orang berfikir sebelum memakan, padahal ada atau tidak kadar borax dalam makanan, Anda belum tahu jika belum melakukan uji kadar borax yang terdapat dalam makanan. Lalu seperti apa cara mudah mengetahui kadar borax dalam makanan?

4 Cara Mudah Mengetahui Kadar Borax Dalam Makanan

Kunyit Untuk Mengetahui Kadar Borax di Makanan

Sedikitnya MedikaNews.com menemukan salah satu cara mudah dan sederhana untuk bisa mengetahui bahwa jenis makanan tersebut mengandung borax atau tidak, dan ini bisa Anda lakukan dengan mudah yakni dengan menggunakan alat bantu sederhana yakni kunyit dan kain penyaring.

Seperti apa aplikasi kedua alat bantu untuk mengetahui kadar borax yang ada dalam makanan, berikut adalah tahapan yang perlu Anda lakukan dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain;

1. Siapkan kunyit dan kain penyaring

Langkah pertama sebagai cara mudah mengetahui kadar borax dalam makanan adalah menyiapkan sebuah bahan herbal dan alat bantu kertas saring. Kunyit tentu bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar, sementara kain penyaring biasanya Anda bisa dapatkan di apotik atau toko obat.

vitamin vitabrain

2. Teteskan Kunyit Pada Kertas Saring

Buat larutan dengan kunyit, Anda bisa melakukannya dengan menumbuk halus kunyit atau memarutnya, kemudian mengumpulkan hasil parutan atau tumbukan halus kunyit krmudian tempelkan pada kertas saring. Diamkan kurang lebih 5-10 detik, angkat ampas parut atau tumbukan kuncit tersebut kemduian keringkan kain penyaring. Jangan dicuci dan biarkan mengering selama beberapa menit.

3. Teteskan Air Makanan Pada Kertas Saring

Selama menungu kertas saring agak mengering maka Anda perlu merebus makanan yang diduga mengandung borax, cara mudah mengetahui kadar borax dalam makanan adalah cukup dengan memotong makanan tersebut menjadi beberapa bagian kemudian masukkan kedalam panci yang berisi air dan rebus, dinginkan. Anda juga bisa teteskan pada bagian tengah kertas penyaring yang telah ditempelkan kunyit dalam keadaan hangat.

4. Hasil Uji

Jika warna kerta saring yang telah ditempelkan kunyit tersebut setelah diteteskan air rebusan makanan yang diduga mengandung borax berubah warna menjadi merah bata, maka hasil uji ini menyimpulkan makanan tersebut positif mengandung borax. Tetapi jika sebaliknya, tidak terlihat perubahan warna setelah diteteskan air rebusan makanan yang diduga mengandung borax maka kandungan borax dalam makanan tersebut negatif.

4 Cara Mudah Mengetahui Kadar Borax Dalam Makanan

Filter Papper

4 cara tersebut merupakan cara sederhana dan mudah untuk bisa Anda lakukan agar mengetahui kandungan borax atau bahan pengawet berbahaya yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat. Lakukan 4 cara mudah mengetahui kadar borax dalam makanan ini dan Anda bisa terhindar dari zat berbahaya yang disematkan oleh penjual makanan ‘nakal’ agar makanan lebih tahan lama dan terlihat segar.

, ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge