Home » Tips » Kesehatan » 8 Tips Aman Sebelum Membeli Suplemen

Suplemen atau asupan makanan yang dikemas menjadi sebuah tablet atau pil dan mampu menjaga daya tahan tubuh tak melulu aman dan layak di konsumsi. Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menurunkan kolesterol, hingga mencerahkan kulit, semua ada dalam bentuk suplemen, Nah, mana yang terbaik, simak 8 tips aman sebelum membeli suplemen ini.

Walau berbagai produk tersebut menawarkan banyak manfaat, tapi Anda juga harus sadar bahwa berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat juga tak boleh ditinggalkan. Sayangnya banyak orang yang merasa sudah aman setelah rutin mengonsumsi suplemen dan tidak menghiraukan beberapa hal tersebut seperti berlah raga dan menjaga pola makan dan hidup sehat dan teratur.

Faktanya, cukup banyak suplemen yang beredar mengandung zat-zat terlarang seperti steroid atau sildenafil. Malah, dua pertiga produk yang ditarik dari peredaran oleh FDA sudah kembali lagi ke rak 6 bulan kemudian. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Anda memerlukan tips aman sebelum membeli suplemen.

Karena jenis suplemen berbeda dengan obat, suplemen memang tidak harus membuktikan keamanan produk dan keampuhannya sebelum dijual ke pasaran. Dan sebagian besar penelitian menunjukkan, cukup banyak produk yang tidak bisa menyediakan informasi keamanan. Tetapi, suplemen selalu dianggap sebagai produk yang aman.

8 Tips Aman Sebelum Membeli Suplemen

Ilustrasi Makanan Suplemen Credit Image by tanyadok

Berikut 8 tips aman sebelum membeli suplemen ;

Hati-hati

Produk suplemen yang dianalisa dalam studi JAMA terutama 3 jenis produk suplemen olahraga, pelangsing, dan peningkat gairah seksual, perlu diwaspadai. Beberapa produk pelangsing ternyata mengandung sibutramin, obat mirip amfetamin, yang telah dilarang di AS, Asia, dan Eropa untuk peredarannya dalam suplemen kesehatan.

Selektif Pilih Toko

Tips aman sebelum membeli suplemen yang berikutnya adalah pilih dengan teliti dan selektif agen toko obat, apotik, dan toko khusus suplemen. Biasanya mereka bertindak lebih cepat untuk menarik barang yang ditarik dari peredaran ketika diketahui telah tercium modus operandinya oleh masyarakat dan pihak terkait.

vitamin vitabrain

Jangan Terpesona Harga Murah

Analisa yang dilakukan tim di Universitas Minnesota terhadap 6 jenis produk herbal menunjukkan, makin mahal harga suplemen, makin tepat dosis yang mereka pakai sesuai standar yang ditetapkan. Pilih mana?

Jauhi Suplemen Tiongkok

Lemahnya regulasi dan praktik produksi yang buruk di Tiongkok menyebabkan kemungkinan produk mereka terkontaminasi dengan zat seperti timah. Dan Anda perlu ketahui tips aman sebelum membeli suplemen agar zat lain yang merugikan tidak mengkontaminasi produk yang akan Anda beli.

Pastikan Tanda USP Terverifikasi

Jika terdapat verifikasi USP, (perusahaan nonprofit US Pharmacopeia) berarti produk tersebut mengandung bahan sesuai yang tercantum dan tidak mengandung kadar kontaminan yang terlarang. Sebagiknya Anda perhatikan hal ini.

Dapatkan Informasi Terpercaya

Pada urutan enam, tips aman sebelum membeli suplemen sebaiknya Anda membaca lembar fakta suplemen dari National Institutes of Healthy Office of Dietary Supplement. Perhatikan produk-produk yang mendapat peringatan dari FDA. Jika produk yang Anda dapati dan akan beli masuk dalam daftar ini maka segeralah mencari merk lain atau jenis lain yang tidak ada sangkut-pautnya dengan FDA.

Konsultasi dengan Ahlinya

Konsultasilah dengan apoteker atau dokter Anda untuk mengetahui efek samping atau interaksi obat atau suplemen yang Anda akan beli. Biasanya rekomendasi mereka bisa Anda lakukan dan bisa dipertanggung jawabkan karena mereka memegang kode etik kedokteran yang menyarankan pasien untuk menggunakan obat yang sesuai dan aman untuk tubuh.

Hindari Zat Meragukan Ini

Untuk tips aman sebelum membeli suplemen urutan terakhir adalah, sedikitnya ada empat bahan yang terkait dengan efek samping yang serius, serta tidak sepadan dengan risikonya, beberapa zat tersebut adalah:

  • Kava. Bahan ini telah dilaporkan menyebabkan kerusakan hati.
  • Bitter Jeruk. Bahan ini mengandung syndephrine kimia, yang telah dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke pada orang sehat ketika dikonsumsi sendiri atau dikombinasikan dengan kafein.
  • Contaminated L-Tryptophan. Bahan ini terkait dengan reaksi neurotoksik.
  • Chromium. Ketika digunakan secara berlebihan, dapat mengakibatkan anemia atau bahkan gagal ginjal.

Itulah 8 tips aman sebelum membeli suplemen yang perlu Anda perhatikan. Tak semua suplemen atau vitamin yang dibuat tentu membahayakan, namuna banyaknya peredaran suplemen untuk membantu pengobatan beberapa organ tubuh manusia mulai dari kecantikan kulit hingga penurunan kadar kolesterol, maka perlu lebih selektif memilih mana suplemen yang terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Simak Video tentang makanan suplemen untuk Anda dari Atlet Binaragawan Indonesia Ade Rai

, , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge