Select Page

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Ilustrasi Membersihkan Ruang Keluarga

Prioritas utama saat membersihkan rumah biasanya adalah area lantai, dapur, dan toilet. Namun sebenarnya ada banyak benda dalam rumah yang jarang dibersihkan, inilah beberapa diantaranya;

  1. Bantal tidur

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Bantal Tidur

Pernahkah Anda bangun tidur dengan kondisi hidung tersumbat dan sedikit pusing ? Sebuah penelitian terhadap bantal baru maupun lama menunjukkan, setidaknya ditemukan satu atau dua jenis bakteri penyebab penyakit atau asma di setiap sampel bantal yang diuji.

Beberapa sampel bantal juga mengandung puluhan miskrokopik binatang kecil. Sel kulit mati, kutu, kapang, dan jamur adalah sesuatu yang umum ditemukan di bantal. Yang sedikit mengejutkan, bantal yang terbuat dari kain sintetis lebih disukai oleh materi-materi kotor dibandingkan dengan bantal lama. Ini karena serat sintetis tenunannya tak terlalu rapat.

Cara membersihkan: Pembersihan tergantung pada jenis bantal. Jika bantal tidak terisi penuh, maka Anda harus membawanya ke laundry, kata Elaine Larson, Ph.D, seorang ahli penyakit menular di Universitas Columbia. “Itu akan menghilangkan alergen yang mungkin ada,” katanya. Bantal sintetis biasanya dapat dicuci dengan mesin. Cukup periksa tag petunjuk.

  1. Pegangan sikat gigi

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

sikat-gigi

Sebuah laporan dari National Sanitation Foundation (NSF) menemukan, 27 persen dari pegangan sikat gigi terkontaminasi dengan bakteri penyebab penyakit seperti Staph. Studi lain juga menemukan jenis bakteri yang terkait dengan E.coli. Para ahli mengatakan, bakteri dalam pegangan sikat gigi ini sangat dipengaruhi oleh tempat kita meletakkan sikat gigi di kamar mandi.

Cara membersihkan: NSF merekomendasikan untuk membersihkan pegangan sikat dengan air panas dan sabun dua kali seminggu.

  1. Tampungan air di mesin pembuat kopi

Kunci

Tampungan Air Mesin Kopi

Teko dan filter adalah dua bagian dari mesin pembuat kopi yang rutin kita bersihkan. Tapi kapan terakhir kali Anda mengikuti petunjuk mesin pembuat kopi dan membersihkan kuman di tampungan air? Sebanyak 50 persen tempat tampungan air di mesin ini diketahui apang atau ragi bisa ditemukan muncul sebanyak 50 persen dari tampungan yang diuji.

Cara membersihkan: Ikuti petunjuk cara membersihkan di buku manual, tetapi cara yang paling direkomendasikan adalah mengisi tempat tampungan air dengan cuka putih. Fermentasikan sampai setengah bagian cuka mengering. Bersihkan beberapa kali dengan air untuk menghilangkan bekas cuka.

  1. Kunci dan tombol

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Kunci

Dari tombol keyboard hingga kunci rumah di saku Anda, semua sebenarnya dilapisi kuman. Tapi tak banyak orang yang membersihkan benda-benda ini. Satu laporan di Inggris menemukan bahwa keyboard rata-rata mengandung lima kali lebih banyak bakteri penyebab penyakit dari rata-rata toilet umum duduk.

Cara membersihkan: Gunakan tisu basah untuk membersihkan benda-benda ini.

  1. Ponsel

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

ponsel

Benda ini ikut ke manapun Anda pergi, dan Anda letakkan di mana saja, terkadang di meja kotor di tempat publik. Ponsel Anda merupakan magnet bagi kuman dan permukaan kacanya yang halus juga menjadi pengantar bagi mikroba.

Cara membersihkan: Sekali lagi, tisu disinfektan adalah pilihan terbaik. Pertama, cukup matikan telepon Anda dan nonaktifkan sampai uap air dari tisu anti-kuman mengering.

  1. Tali sepatu

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Tali Sepatu

Tali sepatu berada paling dekat dengan tanah di mana kotoran dan debu jalanan terpercik ke seluruh area tali saat Anda berjalan. Menurut studi di Universitas Arizona, sepatu dan tali biasanya menjadi pelabuhan jutaan mikroorganisme (dibandingkan dengan sekitar 1.000 rata-rata toilet duduk).

Cara membersihkan: Rendam tali sepatu dalam air sabun panas atau masukkan dalam mesin cuci bersama pakaian Anda. Hanya berhati-hatilah agar tidak sampai melilit di dlam mesin.

  1. Tas tangan

Ini Benda Dalam Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Tas Tangan

Anda membawa benda ini ke mana-mana dan menaruh setidaknya di atas beberapa permukaan di tempat umum setiap hari (meja, kursi bus, lantai kamar mandi, dll). Penelitian mengungkap, rata-rata tas tangan lebih kotor daripada kamar mandi kantor. Tempat kumpul jamur adalah pegangan tas dan bagian bawah.

Cara membersihkan: Tergantung pada jenis tas. Tapi bersihkan dengan memakai tisu basah atau air sabun, Larson mengatakan. Jika Anda memiliki beberapa jenis tas kain, pembersihan kering adalah pilihan terbaik.

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

3 Comments

  1. Kelly

    I am glad someone is detailed oriented in the hygiene.
    How much dirty that I did not even considered!
    Wet wipes are in my list now!
    With pillows I put them into the sun “that kills the “bugs” , my grandma said.
    Who still put their bags on their beds?
    Be honest guys!

    Reply
  2. ROOMME

    alat elektronik seperti TV, Magicom, Kulkas terkadang jarang banget di bersihkan

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge