Home » Tips » Kesehatan » Keluarga » Cara Ini Aman Untuk Bersihkan Telinga

Banyak cara yang tentu Anda ketahui ketika akan membersihkan lubang telinga. Salah satunya adalah dengan cotton bud. Sejak bayi, balita, anak, dewasa hingga lansia, mereka kerap menggunakan ini, tapi tahukan Anda jika 3 cara ini aman untuk bersihkan telinga?

Cara Ini Aman Untuk Bersihkan Telinga

Ilustrasi Membersihkan Telinga Image Credit to klimg

Telinga adalah salah satu panca indera yang wajib dijaga kebersihannya. Jika telinga Anda kotor dan penuh bakteri tentu saja mampu memunculkan berbagai macam infeksi berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan bahkan mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Namun karena telinga memiliki bentuk yang unik, tentu saja proses pembersihannya pun tidak bisa sembarangan.

Cara yang paling umum digunakan untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan cotton bud, tapi apakah cara ini aman untuk bersihkan telinga?

Berdasarkan penelitian yang dilansir sebuah situs kesehatan luar negeri care2.com, cara menggunakan cutton bud ini justru malah membuat kotoran telinga masuk dan terperangkap ke dalam.

Belum lagi perilaku mengorek mampu mengenai gendang telinga dan tentu saja hal ini berisiko tinggi. Neurotologist Erika Woodson, MD dari Head and Neck Institute, Cleveland, Ohio pun menganjurkan Anda untuk menggunakan baby oil saat membersihkan telinga.

vitamin vitabrain

3 Cara Aman Membersihkan Telinga

Tiga cara ini aman untuk membersihkan telinga, namun sebelum itu Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yakni cairan baby oil, tissue atau kain pembersih. 3 Cara tersebut adalah;

Tuangkan ke Telinga

Cara ini dilakukan karena dengan manggunakan cairan yang tak terlali encer dan juga tak terlalu kental akan menjaga dinding telinga dan merekatkan kotoran jika ada.

Diamkan beberapa saat

Proses ini cukup sederhana dan mungkin menakutkan untuk Anda yang belum terbiasa, pasalnya ketakutanm Anda adalah cairanb tersebt tak lagi bisa keluar dan merusak jaringan di dalam telinga. Ternyata tidak dan hal ini bisa Anda lakukan dengan aman.

Bersihkan cairan

Dengan cara memiringkan badan maka cairan yang sebelumnya Anda tuangkan akan perlahan keluar. Setelah tidak ada lagi maka Anda bisa kembali bangun kemudian membersihkan cairan dari telinga.

“Membersihkan telinga menggunakan baby oil adalah cara yang paling aman serta mampu melembutkan dan menghilangkan kotoran telinga,” tambah Erika.

Cara Ini Aman Untuk Bersihkan Telinga

Cotton Bud dan Baby Oil Image Credit by Merdeka

Kotoran telinga diciptakan dengan tujuan untuk menangkap bakteri yang masuk ke dalam telinga. Oleh karena itu Anda pun harus memperlakukannya secara hati-hati demi kesehatan dan kebersihan telinga Anda. Masih ragu? Jangan kuatir! Cara ini aman untuk bersihkan telinga Anda.

, , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge