Home » Tips » Kesehatan » Keluarga » Cara Mencegah Radang Gusi

Radang Gusi. Tanpa disadari sakit yang bersumber di bagian dalam mulut atau pangkal gigi yang biasa dinamakan gusi ternyata bisa menyebabkan rasa sakit berdenyut-denyut yang menjalar ke atas, hingga membuat kepala terasa pusing dan emosi menjadi tidak stabil. Jika Anda merasakan ini maka Anda menderita radang gusi. Lalu bagaimana cara mencegah radang gusi, apa bisa?

Mencegah tentu lebih baik ketimbang harus mengobati, meski tergolong dalam penyakit ringan namun jangan dianggap enteng karena jika menjalar akan mengakibatkan dampak lebih parah, apalagi Anda juga menderita hipertensi atau penyakit lain yang bisa memicu lebih parah.

Cara Mencegah Radang Gusi

Cara Mencegah Radang Gusi

Pada banyak kasus radang gusi disertai dengan pendarahan dan bau mulut, tetapi sebenarnya, radang gusi sangat mudah untuk dicegah. Kuncinya adalah menjaga kebersihan dengan cara yang benar seperti berikut ini;
Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Cara mencegah radang gusi paling mudah adalah dengan memastikan Anda menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari. Dan perlu diketahui bahwa teknik yang tepat dalam menyikat gigi yaitu sikat membentuk sudut 45 derajat.

Gosok gigi dengan gerakan memutar atau vertikal perlahan-lahan mulai dari permukaan gigi luar ke dalam, sikat gigi Anda satu persatu bukan sekaligus. Jika masih kurang jelas, sebaiknya Anda bertanya ke dokter gigi.

Gunakan Benang Gigi

Benang gigi berfungsi untuk memaksimalkan hasil sikat gigi, membersihkan sisa kotoran yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi. [baca juga : Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi]

Bilas Dengan Obat Kumur

vitamin vitabrain

Gunakan obat kumur dengan antiseptik adalah cara mencegah radang gusi yang cukup baik karena kandungan anti bakteri yang dimiliki obat kumur dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit gusi.

Lakukan Pola Makan Seimbang

Mengapa pola makan seimbang bisa dikategorikan sebagai cara mencegah radang gusi, karena kandungan yang terdapat dalam makanan yang baik termasuk cukup vitamin C dan kalsium, dapat meminimalkan risiko radang gusi atau membantu membentuk gusi lebih kuat.

Cukup Minum

Minum air, terutama setelah makan, dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan, sehingga mengurangi kemungkinan  munculnya bakter penyebab plak.

Jangan Merokok 

Jika Anda merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya, cobalah untuk berhenti karena tembakau dapat meningkatkan risiko radang gusi, demikian menurut situs kesehatan WebMD.

Bersihkan Gigi Dan Periksa Secara Teratur

Jika plak telah mengeras menjadi karang gigi, sangat susah dihilangkan hanya dengan menggosok gigi atau menggunakan benang gigi.

Cara Mencegah Radang Gusi

Membersihkan Plak Gigi

Kunjungi dokter gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi setiap enam bulan sekali agar gigi bersih sempurna guna mencegah peradangan pada gusi.

Hindari stres 

Cara mencegah radang gusi yang terakhir adalah mencoba untuik tidak stres, karena kadar hormon stres kortisol akan meningkat bisa membuat tubuh Anda, termasuk gusi, rentan mengalami peradangan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna menangkal terjadinya peradangan pada gusi. Meski tak terlalu bahaya namun ketika gusi meradang Anda akan tidak akan merasa nyaman dalam melakukan beberapa hal terutama berkonsentrasi karena rasa sakit yang diderita akibat peradangan. 8 Cara tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai penyembuh radang gusi jika Anda telah terlanjur menderita radang gusi. Semoga bermanfaat.

Sumber : Kompas.com

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge