Home » Tips » Kesehatan » Ayah & Anak » Cara Menenangkan Bayi Menangis di Usia 3 Bulan

Cara Menenangkan Bayi Menangis. Setelah menekuni bidang kedokteran spesialis anak dan kandungan selama 30 tahun lebih, seorang dokter asal Amerika ini memaparkan temuan yang bisa dianggap berguna bagi semua orang tua ketika mendapatkan si kecil yang masih berada di usia belia yakni new born sekitar 3-4 bulan ini menangis tak henti-hentinya.

Kebanyakan orang tua menebak dan menanyakan kepada kakek atau nenek yang dianggap lebih mengetahui jika si kecil menangis berkepanjangan. Terkadang ada penanganan yang tepat namun ada pula yang tidak berhasil dan si bayi-pun terus menangis.

Inilah yang bisa Anda tepis tentang anggapan menebak dan menanyakan kepada orang yang lebih tua atau berpengalaman tentang cara menenangkan bayi ketika menangis, boleh jadi jika kasus yang dialami si kecoil sama dengan pengalaman orang tua, jika tidak maka cara menenangkan bayi menangis bukanlah hal yang mudah.

dr. Robert Hamilton, tiba-tiba mencengangkan dunia, temuannya tentang cara pasti untuk memberikan ketenangan kepada si bayi ketika menangis ditiru oleh banyak orang dan hasilnya tidak ada masalah, si bayi secara perlahan lebih tenang.

Cara Menenangkan Bayi Menangis di Usia 3 Bulan

Bayi Menangis

Kepiawaiannya menangani bayi, ibu hamil dan persalinan yang sudah dilakoni lama ini akhirnya dituangkan melalui tayangan social media youtube, dan hanya beberapa hari setelah tayangan itu terpampang maka tanggapan serta ucapan terimakasih terus bergulir, hingga tak terasa video tentang cara menenangkan bayi menangis dilihat dan ditiru oleh jutaan orang di seluruh dunia dengan cara melihat video kemudian mempraktekannya.

vitamin vitabrain

Dalam videonya, dokter yang akrab disapa Bob ini menguraikan empat langkah mudah untuk meredakan tangisan bayi menggunakan teknik “The Hold”. Sambil memperagakannya, dokter Bob menjelaskan langkahnya sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus dilakukan, angkat bayi dalam keadaan tengkurap. Tekuk lengan kiri bayi ke arah dadanya. Lakukan hal yang sama dengan lengan kanan bayi.

2. Kunci lengan bayi dengan telapak tangan Anda. Lalu, arahkan sela jari jempol dan telunjuk untuk menopang dagu bayi.

3. Gunakan tangan dominan Anda untuk menopang bokong bayi tepat di antara dua kakinya.

4. Posisikan bayi dengan kemiringan 45 derajat lalu ayun-ayun dengan lembut. Gerakannya bisa atas-bawah, kiri-kanan, atau bisa dengan sedikit memutar pantat bayi. Kuncinya, lakukan ayunan dengan sangat lembut dan hindari gerakan menyentak. Posisi miring bayi sangat penting karena itu membantu Anda mengontrol posisi bayi.

“Saya menggoyang-goyangkan pantatnya seperti ini, saya mengayunnya dengan lembut. Lakukan semuanya dengan lembut, jangan pernah melakukan gerakan yang menyentak. Pegang bayi dengan bagian telapak tangan, jangan dengan jari. Dan saya menyokong dagunya,” jelas Hamilton yang praktik di Pacific Ocean Pediatric, Santa Monica.

Dengan cara sederhana ini, 90 persen bayi yang menangis berhasil ditenangkan. Hamilton mengatakan, jika teknik ini tidak berhasil, kemungkinan bayi Anda sakit atau sedang lapar. Di samping itu, teknik ini hanya efektif diterapkan pada bayi yang usianya tidak lebih dari tiga bulan, karena sulit melakukannya pada bayi yang sudah besar dan berat. [baca juga : Ternyata Kaget Itu Diperlukan Bayi]

Video teknik “The Hold” ini segera menyebar dan ditonton 6 juta kali hanya dalam tiga hari. Hamilton yang menjadi dokter spesialis anak selama 31 tahun menjelaskan, teknik ini pada dasarnya memberikan rasa nyaman pada bayi.

“Itu posisi yang menyamankan bayi karena Anda perlu ingat dari mana mereka berasal—rahim yang sangat sempit—dan mereka berada dalam posisi seperti itu dalam waktu lama,” urainya.

“Dengan melakukan itu, Anda seperti sedang menciptakan rahim, itu membuat mereka nyaman, ditambah dengan ayunan lembut,” imbuh ayah enam anak itu memaparkan tentang cara menenangkan bayi menangis dan menjadi panutan ribuan ibu dan orang tua di dunia.

 

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge