Home » Tips » Kesehatan » Ayah & Anak » Cara Tingkatkan Percaya Diri Anak

Cara tingkatkan percaya diri anak tentu berbeda-beda, yang pasti ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari melakukan berdoa bersama, hingga mencium dan memeluk anak diwaktu pagi tentu salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan rasa percaya diri pada anak.

Cara Tingkatkan Percaya Diri Anak

Percaya Diri Anak

Dalam ulasan ini Kami memaparkan sedikitnya tujuh cara meningkatkan percaya diri anak, dan semuanya bisa dipastikan bisa dilakukan oleh Anda, cukup mudah, yang jelas, waktu adalah masalah terbesar untuk Anda sebagai orang tua, karena menciptakan psikologi anak tak seperti membuat robot ataupun mainan yang bisa dibongkar dan diperbaiki dalam waktu cepat. Dan apabila rusak berat maka ganti komponen dengan yang baru.

Hal itu tak berguna, perlu waktu yang cukup lama hingga mendapatkan hasil yang lebih baik, karena kondisi kejiwaan atau psikologis anak tak semuanya sama, untuk itu cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak tidak juga bisa disamaratakan. Memperlakukannya boleh dikategorikan berdasarkan usia tentunya, cara meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini tentu berbeda dengan usia diatas lima tahun atau menginjak remaja.

Secara umum, berikut adalah tujuh cara tingkatkan percaya diri dan keberanian anak agar perkembangan psikologis yang dimiliki dapat lebih baik;

Biasakan Doa Bersama

Doakan anak-anak sebelum ke sekolah, atau mengikuti kegiatan kompetitif. Bukan supaya menang, tetapi supaya anak mampu melakukan yang terbaik. Saya percaya semua agama punya doanya masing-masing. Singkat saja. Minta anak meng-aamin-kan doa kita dengan mengatakan itu maka itu salah satu cara meningkatkan percaya diri dalam berbicara.

Tepat Waktu

Usahakan agar anak bisa tiba di sekolah, atau tempat lomba/ aktivitas kompetitifnya tepat waktu. Mengapa? Ketepatan waktu adalah salah satu cara menambah percaya diri. Bayangkan kalau anak tiba di sekolah selalu terlambat, tentunya anak merasa malu. Rasa malu itu merusak percaya dirinya. Anda berperan dalam hal ini. Anak mungkin belum bisa pergi sendiri dan perlu anda untuk mengantar. Kalau anda bangun kesiangan, anak juga akan kesiangan. Kasihan toh?

vitamin vitabrain

Temani Saat Sarapan Pagi

Pastikan anak makan dengan baik, kalau perlu temani sarapan dan bawakan bekal masakan sendiri. Anak akan merasa bangga mendapat perhatian dan kasih sayang seperti itu. Anak tidak sarapan, kadang karena terbiasa. Padahal, makan membantu pikiran dan tubuhnya siap beraktivitas.

Dampingi Saat Bermain dan Belajar

Dampingi anak dengan bahan-bahan yang diperlukannya. Bukan yang mewah, tetapi sesuaikan saja dengan manfaatnya. Terutama persiapan belajar materinya. Mau ikut spelling bee, bantulah berlatih. Mau ikut story telling dengarkan dia, perbaiki lafal dan kecepatannya, bahkan kalau perlu damping membuat alat peraganya. Ananda akan lebih percaya diri dengan pendampingan orang tua. Guru punya peran, tetapi buat anak, segalanya itu anda, orang tuanya.

Jadikan Ruman Tempat yang Menyenangkan

Buatlah rumah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak. Bukan membolehkan ia melakukan apa saja, tetapi, memberi batasan yang jelas dengan  pemahaman, sehingga minim konflik. Kalau bertengkar dengan pasangan, jangan di depan anak, sedapat mungkin. Itu membuat anak mengalami penurunan rasa percaya diri.

Tidur Cukup

Pastikan anak mendapat tidur yang cukup setiap hari, apalagi menjelang lomba, atau tes atau event penting. Kurang tidur karena mempersiapkan diri untuk kegiatan sama sekali tidak dibenarkan. Kurang tidur juga mempengaruhi performance anak. Rasa percaya diri terbawa juga.

Buat Kondisi Menyenangkan Di Waktu Pagi

Buatlah paginya menyenangkan. Cium dan pelukan anda sungguh sangat berarti buat kepercayaan diri anak.

Cara Tingkatkan Percaya Diri Anak

Ibu dan Anak

Banyak cara pastinya yang bisa Anda lakukan untuk membantu tingkatkan percaya diri anak, setelah dilatih beberap hal tersebut Anda akan melihat hasilnya kelak, bahkan ketika si anak beranjak dewasa, karena rasa percaya dirinya sudah terbentuk maka anak akan menemukan sendiri cara meningkatkan percaya diri di depan wanita. Itu mungkin perlu waktu panjang, tetapi jika Anda telah menanamkan nilai percaya diri yang baik dan kapan bisa digunakan atau tidak maka Anda telah membekali anak Anda dengan akhlak yang baik. Semoga.

, , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge