Home » MedikUpdate » Alat Kesehatan » Dokter Gunakan Alat Kesehatan Pompa Ban Sepeda Untuk Operasi Sterilisasi

Penggunaan alat kesehatan pompa ban sepeda untuk operasi sterilisasi wanita ini terjadi di India. Di wilayah terpencil India alat yang soyogyanya bukan sebagai peralatan dokter digunakan, hal ini mungkin kerasi dan inovasi dokter namun hal itu tentu bertentangan dengan kode etik medis yang kerap menggunakan alat yang telah disediakan dan harus steril.

Dokter Gunakan Pompa Ban Sepeda Untuk Operasi Sterilisasi Wanita

Pasien Operasi Salah Satu RS di India

Hal ini dibuktikan dengan munculnya sebuah foto yang menunjukkan sebuah tim dokter di India menggunakan alat pompa ban sepeda ketika melakukan operasi. Foto tersebut diketahui berasal dari camp sterilisasi di desa Banarpal, Odisha. Alat pompa ban sepeda digunakan untuk mengembungkan perut wanita saat operasi sterilisasi dilakukan.

Parahnya, cara menggunakan alat kesehatan pompa ban sepeda ini telah dilakukan pada 56 wanita yang menjalani operasi sterilisasi. Sementara itu, foto ini muncul dua minggu setelah kasus 13 orang wanita meninggal ketika melakukan operasi sterilisasi. Kematian yang terjadi pada para wanita di Chhattisgarh ini diketahui disebabkan oleh alat-alat yang tidak memadai dan sudah berkarat. Selain itu, obat yang mereka berikan pada pasien juga terkontaminasi.

Berdasarkan keterangan Hindustan Times, dalam satu hari terdapat 56 wanita menjalani operasi sterilisasi menggunakan alat pompa ban tersebut. Mahesh Prasad Rout, dokter yang melakukan operasi ini menjelaskan bahwa menggunakan alat pompa ban adalah hal yang lumrah dan sering dilakukan di daerah-daerah terpencil India.

vitamin vitabrain

“Alat pompa ban sepeda seringkali digunakan dalam operasi sterilisasi pada daerah terpencil India karena kurangnya alat operasi bagus dan layak. Alat pompa ban ini digunakan untuk menggembungkan bagian perut pasien,” ungkap Rout, seperti dilansir oleh Daily Mail (02/12). [Baca Juga : Ketahui Cara dan Alat Kesehatan Operasi Sterilisasi untuk Wanita]

Pihak berwajib di daerah tersebut saat ini tengah menyelidiki insiden penggunaan alat kesehatan berupa pompa ban sepeda untuk operasi tersebut dan akan melaporkannya minggu ini. Alat pompa ban ini digunakan untuk menggembungkan bagian perut wanita dan untuk memastikan bahwa tekanan yang diberikan aman dan stabil.

Dokter Gunakan Pompa Ban Sepeda Untuk Operasi Sterilisasi Wanita

Pompa Sepeda Untuk Operasi Sterilisasi Wanita di India

Meski Rout, yang telah melakukan 60.000 operasi sterilisasi (tubektomi) selama 10 tahun, menjelaskan bahwa alat pompa yang digunakan telah disterilkan sebelum dipakai, namun tentunya terdapat kemungkinan terjadi masalah dan kerusakan. terutama karena alat pompa sepeda tidak semestinya digunakan untuk menggembungkan perut manusia.

Minggu lalu, dokter yang bertanggung jawab atas meninggalnya 13 wanita di Chhattisgarh akibat peralatan yang berkarat dan tidak layak akan segera diperiksa oleh pihak berwajib. Dokter bernama R.K Gupta itu diketahui melakukan 83 operasi tubektomi atau sterilisasi menggunakan alat kesehatan pompa ban sepeda dalam waktu tiga jam saja. Setelah menjalani operasi, kebanyakan wanita merasa sakit dan beberapa mengalami keracunan hingga meninggal akibat obat yang terkontaminasi dan alat yang berkarat.

, , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

commentscomments

  1. rojat says:

    ngeri juga ya.. tapi itulah kreatifitas dokter di India, kalo diitung-itung angka kematian sama yang berhasil lebih banyak yang berhasil.. tapi emang ngeri sih.. mudah2an di pelosok Indonesia ga gitu-gitu banget dokternya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge