Home » MedikUpdate » Kesehatan » Implan Gigi Capai Puluhan Juta!

Impan gigi, mungkin terdengar awam, tetapi di dunia kesehatan maka proses penanaman gigi pada bagian tertentu agar menjadi terlihat lebih baik sudah lama dilakukan. Meski biaya implan gigi capai puluhan juta tetapi hal ini kerap menjadi solusi sehat.

Implan Gigi Capai Puluhan Juta!

Implan Gigi

Jika gigi dewasa tanggal, jangan menunda-nunda untuk menggantinya dengan gigi palsu. Saat ini ada berbagai tipe gigi palsu, yakni yang lepasan atau yang sifatnya permanen. Untuk gigi palsu permanen, implantasi gigi merupakan alternatif yang direkomendasikan karena fungsi dan bentuknya mirip seperti gigi asli.

Kelebihan implan gigi, menurut drg.Jonan Angkawidjaja, Sp.Pros, antara lain adalah stabilitas dan kenyamanan gigi tiruan yang lebih optimal. “Ini karena gigi palsu ditanam di dalam tulang rahang. Secara psikologis pasien juga merasa masih punya gigi, tidak ompong,” katanya dalam acara pembukaan Dental Specialist Clinic RSPI Pondok Indah Jakarta (9/12/14). Hal inilah yang membuat harga implan gigi bisa capai puluhan juta.

Kemampuan utama penanaman gigi adalah mempertahankan ketebalan tulang rahang. “Jika gigi tanggal, maka lama kelamaan tulang rahang bisa menyusut sehingga bentuk wajah pun berubah,” ujarnya.

Nah, jika dipasangi implan gigi, keberadaan akar dari implan gigi akan mempertahankan tulang agar tidak terjadi resorbsi. Ini berbeda dengan gigi palsu lepasan yang tidak ditanam di tulang rahang. Tidak adanya tekanan pada tulang menyebabkan tulang akan menipis dan mengecil.

vitamin vitabrain

Seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa proses penanaman gigi sudah dikenal di negara-negara maju sejak tahun 1980-an. Implan terbuat dari tiang logam (biasanya titanium), yang dipasang dalam tulang rahan di bawah jaringan gusi. Tiang ini akan menjadi jangkar yang stabil bagi gigi palsu. Implan gigi bahkan bisa bertahan sampai 30 tahun. Dengan begitu pantas jika biaya implan gigi capai puluhan juta,

“Dengan implan gigi, pasien masih bisa menggigit dan mengunyah makanan mendekati seperti saat masih ada gigi asli,” kata Jonan.

Meski demikian, menurut dia tidak semua kasus perlu pemasangan gigi dengan material lain yang di desain menyerupai gigi. “Kalau dengan gigi tiruan sederhana sudah cukup buat apa yang mahal,” ujarnya.

Meski biaya implan gigi capai puluhan juta, tetapi setiap pasien tak memiliki perlakuan khusus, semua tetap sama yaitu pasien juga harus disiplin menjalani prosesnya karena prosedurnya cukup panjang sehingga pasien harus bolak-balik ke dokter gigi. “Implan gigi perlu proses sampai 3 bulan sebelum terjadinya proses penulangan dan gigi berfungsi optimal,” katanya.

Meski gigi implan hanyalah gigi palsu, namun kebersihan gigi tetap perlu diperhatikan. Ini karena kalau tidak bersih bisa terjadi radang dan menyebabkan infeksi sehingga implan gigi lepas,” katanya.

Implan Gigi Capai Puluhan Juta!

Sebuah Gigi Dengan Ruas Besi untuk siap Di Implan pada Gusi

Walau implan gigi memiliki banyak kelebihan, namun jika pasien memiliki penyakit sistemik yang tidak terkontrol seperti penyakit diabetes, maka angka keberhasilan pemasangan implan bisa lebih rendah.

“Orang yang diabetes punya sistem imun dan kerentanan sehingga mereka rentan infeksi. Demikian juga dengan orang yang punya hipertensi dan penyakit jantung harus dikonsultasikan dulu dengan dokter karena proses pemasangan implan perlu anestesi,” katanya. Minat untuk implan gigi?

, , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

commentscomments

  1. rojat says:

    wah.. mahal juga ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge