Home » MedikUpdate » Kesehatan » Ini Makanan Penghambat Penyerapan Nutrisi

Lagi-lagi produk makanan olahan yang mudah didapat dan memiliki harga relatif murah memiliki hal buruk, mie instan. Makanan olahan pabrik ini dipercaya mampu menghambat serta membatasi penyerapan nutrisi pada makanan. Artinya, mie instan menjadi faktor proses pencernaan makanan dalam tubuh setelah dikonsusmsi dan yang paling berbahaya adalah anak di usia 3-5 tahun.

Ini Makanan Penghambat Penyerapan Nutrisi

Ilustrasi Anak Makan Mie

Sebaiknya hindari konsumsi mie instan pada anak di usia 3 hingga 5 tahun, meskipun lidah si kecil akan merasa ketagihan dan meminta untuk kembali disuap makanan cepat saji berupa mie instan maka sebaiknya jangan diberikan. Alihkan perhatian pada hal yang bisa menjadi fokusnya berubah sehingga tak lagi menginginkan mie instan untuk dikonsumsi karena rasa gurih dari penyedap rasa.

Sebab jika sekali si kecil mengetahui rasa sedap dari mie instan maka ia akan terus mengingat rasa tersebut dan akan ketagihan ketika menemukan rasa itu lagi dikemudian hari. Nah, padahal mie instan memiliki kadar negatif, yakni sebagai makanan penghambat penyerapan nutrisi. Apalagi jika itu dikonsumsi oleh anak yang notabene masih dalam masa pertumbuhan dan sangat memerlukan banyak penyerapan nutrisi dari asupan makanan bergizi.

Tak hanya itu, beberapa mie instant yang sudah dikemas didalam styrofoam juga disinyalir menjadi penyebab dari penyakit kanker. Saat terkena air panas, bahan kimia yang ada dalam styrofoam ikut bereaksi. Bayangkan saja jika bahan kimia tersebut ikut larut serta masuk ke dalam tubuh kita.

Beberapa kasus seperti keguguran mirisnya karena disebabkan oleh mereka yang terlalu sering makan mie instant. Ternyata makanan mie instant itu memberikan sebuah pengaruh buruk bagi janin, sehingga pada akhirnya Anda akan mendapat keguguran karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan penghambat penyerapan nutrisi.

vitamin vitabrain

Apa bila dikonsumsi secara terus-menerus serta dalam sebuah jangka waktu yang sangat panjang, maka makanan ini mampu mengacaukan metabolisme tubuh. Artinya, zat kimia yang berbahaya seperti pengawet, pewarna serta zat negatif lain akan menjadi racun dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa mie instan mengandung zat propylene glycol, yang mana zat tersebut merupakan sejenis bahan kimia anti beku yang bisa mencegah makanan mie yang menjadi kering. Dan apabila tubuh Anda menyerap zat itu maka zat tersebut akan sangat menumpuk pada area hati, liver serta ginjal. Tak ayal ini merupakan makanan penghambat penyerapan nutrisi dan berbahaya jika dikonsumsi oleh anak khususnya balita hingga menyebabkan kerusakan di dalam tubuh terutama di 3 area tersebut lalu melemahkan jaringan immune pada tubuh.

Menyusul Pencernaan, Kegemukan dan Alergi

Apabila makanan penghambat penyerapan nutrisi ini dikonsumsi lebih dari satu kali hanya dalam satu hari, maka mie tersebut sangat berpotensi dapat membayakan pada pencernaan. Problem pertama yang akan muncul ialah rasa begah, susah BAB (buang air besar) dan juga ketidaknyamanan.

Tak hanya itu, mengkonsumsi mie instan dengan secara rutin pun dapat menyebabkan kegemukan, pasalnya, jumlah lemak serta sodium yang sangat tinggi didalam makanan mie instan tersebut menyebabkan tidak dapat bisa diserap oleh tubuh serta akan menumpuk dibagian tertentu yang menjadi sebuah lemak. Tak heran kalau mie tersebut menyebabkan berat badan pada seseorang bertambah dengan begitu cepat.

Dan Anda juga perlu khawatir karena kandungan seperti monosodium glutamate yang ada didalam makanan penghambat penyerapan nutrisi ini cukup tinggi. Mereka yang tak tahan serta alergi sama MSG biasanya akan bisa merasakan selalu kehausan, dan dada terasa terbakar, sakit di bagian kepala, wajah yang memerah dan juga nafas yang sesak. [baca juga : Mie Instan Jadi Penyebab Luka Bakar Serius]

Pesan yang terbesit adalah jangan terlalu banyak mengkosumsi mie instan karena ini adalah makanan penghambat penyerapan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh dan itu sangat diperlukan. Khusus untuk anak balita maka cegah sedini mungkun untuk tidak makan makanan jenis ini dalam bentuk apapun. Mie instan adalah termasuk makanan junk food yang mana mengandung zat karbohidrat yang sangat tinggi serta tanpa adanya tambahan vitamin, serta atau juga mineral. Kandungan lemak jenuhnya pun sangat tinggi sekali sehingga kalori yang ada didalamnya akan memberikan sebuah pengaruh buruk untuk kesehatan.  Semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge