Home » Tips » Kesehatan » Keluarga » Ini Obat Sakit Sariawan Paling Manjur

Obat sakit sariawan biasanya dengan meminum air putih atau sari akar alang-alang atau minuman botol dan kalengan yang dijual di minimarket dekat tempat tinggal Anda. Tapi tahukah Anda jika terdapat beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk obat sariawan?

Ini Obat Sakit Sariawan Paling Manjur

Ilustrasi Bibir Sariawan – Detikhealth

Sariawan memang terlihat sebagai masalah kesehatan kecil, namun rasa sakitnya tak bisa diremehkan. Siapa yang tak tahu bahwa sariawan bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa yang bisa membuat orang malas makan, bahkan malas bicara. Rasa sakit akibat sariawan bahan bisa berlipat-lipat bergantung pada lokasinya dalam mulut.

Sariawan sebenarnya disebabkan oleh kekurangan nutrisi, vitamin, dan suhu tubuh yang meningkat. Karena itu, sariawan sering muncul ketika seseorang mengalami panas dalam. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa sakit sariawan? Sedikitnya Kami membagi 3 hal sebagai obat sakit sariawan, berikut adalah 3 hal tersebut;

Es Batu

Ternyata menggosok bagian mulut yang sariawan dengan es batu bisa menjadi obat sakit sariawan atau meredakan rasa nyerinya. Cukup gosokkan es batu dengan hati-hati pada sariawan. Lakukan ini beberapa kali hingga rasa nyeri yang ada di bagian mulut tertentu berkurang.

vitamin vitabrain

Cengkeh

Anda juga bisa meredakan rasa sakit sariawan dengan mengunyah cengkeh. Zat yang dikeluarkan oleh cengkeh secara langsung pada sariawan akan membantu meredakan rasa sakitnya. Selain membantu mengatasi sariawan, cengkeh juga baik untuk meredakan sakit tenggorokan.

Air garam

Untuk mencegah bagian sariawan mengalami infeksi, Anda bisa mencoba berkumur dengan air garam. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakitnya, tetapi untuk sariawan yang sudah parah maka Anda harus menahan sakit dan nyeri ketika pertama kali mengumur air garam sebagai obat sakit sariawan.

Cara di atas akan membantu Anda untuk meredakan rasa sakit sementara akibat sariawan, namun tidak akan menyembuhkannya. Jika ingin menyembuhkan sariawan, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti madu dan kelapa.

Madu merupakan obat sakit sariawan paling manjur, madu dipercaya akan membantu sariawan cepat menutup dan cepat sembuh karena zat anti-mikroba di dalamnya. Caranya, oleskan sedikit madu pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Selain madu, minyak kelapa, air kelapa, atau kelapa kering juga bisa menjadi obat sakit sariawan.

Caranya adalah dengan meminum air kelapa untuk mendinginkan bagian dalam tubuh atau mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang mengalami sariawan. Mengunyah kelapa juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Ini Obat Sakit Sariawan Paling Manjur

Ilustrasi Madu

Perhatikan, sariawan biasanya hanya bertahan sekitar satu minggu. Jika sariawan masih tetap tak sembuh hingga beberapa minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena sariawan yang tak kunjung sembuh meskipun sudah diatasi dengan obat sakit sariawan maka bisa menandakan penyakit lain seperti kanker mulut.

, , , , , , , , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge