Home » MedikUpdate » Kesehatan » Jangan Abaikan Ini! Kenali Gejala Serangan Jantung

Benar! Jangan abaikan beberapa hal yang biasa Anda rasakan sakit dan nyeri. Kenali gejala serangan jantung dengan baik karena beberapa sakit atau nyeri di beberapa bagian tubuh ternyata memiliki potensi bahwa itu adalah berhubungan dengan kerja jantung Anda.

Jangan Abaikan Ini! Kenali Gejala Serangan Jantung

Ilustrasi Sakit Pada Dada

Seperti Anda pernah ketahui bahwa kebanyakan orang yang terkena serangan jantung selalu mengalami gejala yang umum terjadi seperti sakit pada dada, keringat dingin, dan rasa lelah yang berlebihan. Namun selain gejala tersebut, ada juga gejala serangan jantung yang tak banyak terdeteksi dan tersembunyi, karena itu merupakan keluhan lazim dalam keseharian, tetapi hati-hati dengan itu.

Tak ada salahnya jika Anda dapat kenali gejala serangan jantung tersebut, pasalnya gejala yang samar ini seringkali tak disadari hingga keadaan menjadi terlambat dan seseorang sudah terkena serangan jantung. Kebanyakan yang sering mengalami gejala tersembunyi ini adalah wanita dan orang yang memiliki diabetes, sayangnya kepastian dan data pendukung untuk memastikan bahwa penderita diabetes serta wanita yang rentan mengalami hal ini belum bisa Kami dapatkan. [baca juga : Makanan Pantangan Untuk Penderita Diabetes]

Meski begitu, gejala serangan jantung tentu tak mengenal gender dan penyakit apa yang sedang di derita karena pembuluh darah dan proses kerja jantung memiliki tingkat kekuatan dan perbedaan antara satu orang dengan orang yang lain. Yang pasti, Anda harus kenali gejala serangan jantung tersebut dengan cermat. Berikut adalah beberapa gejala serangan jantung yang tak banyak diketahui orang karena nyaris mirip dengan sakit dan nyeri di keseharian.

Lelah

Kelelahan adalah salah satu gejala serangan jantung yang tersembunyi, dan biasanya sering dialami oleh wanita. Ketika seseorang akan mengalami serangan jantung, akan ada sedikit aliran darah yang menuju ke jantung. Ini akan memberikan tekanan ekstra pada otot jantung dan menyebabkan kelelahan pada banyak orang. Jika Anda sering mengalami kelelahan yang berlebihan, bahkan ketika tak melakukan banyak aktivitas, coba cek kesehatan jantung Anda.

vitamin vitabrain

Sebagai solusi, usahakan seimbangkan aktifitas atau olah raga berat dengan istirahat cukup, jangan terlalu memaksakan jika kekuatan tubuh Anda memberikan sinyal untuk istirahat saat melakukan aktifitas melelahkan tersebut. Istrahat beberapa saat kemudian lakukan aktifitas tersebut akan menjaga proses kerja jantung memompa darah ke segala penjuru organ manusia.

Tak Nyaman Pada Leher, Rahang, dan Tenggorokan

Kenali gejala serangan jantung jika Anda merasakan tak nyaman pada leher, tenggorokan, dan rahang. Ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, batuk, atau sakit gigi. Namun jika ini terjadi tanpa alasan jelas dan rasa sakitnya cukup ekstrem, sebaiknya waspadalah. Bisa jadi ini mengindikasikan adanya serangan jantung. Segera hubungi dokter Anda.

Masalah Perut

Beberapa gejala serangan jantung yang seringkali disalahartikan sebagai masalah kesehatan lain adalah ketika terjadi masalah pada perut. Salah satu gejala serangan jantung adalah masalah perut seperti pusing, mual, dan tak nyaman pada lambung. Jika Anda merasakan hal ini maka istrahat segera, minum air hangat atau kompres perut tersebut dan usahakan bagian telapak kaki terasa hangat.

Mulas

Inilah mengapa Anda perlu kenali gejala serangan jantung, sebab tak ada yang menyangka jika rasa mulas yang tanpa ada kaitannya dengan setelah makan sebaiknya konsultasikan atau periksakan ke dokter. Rasa sakit di dada yang hampir mirip dengan rasa terbakar dan mulas pada perut bisa disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung dan hal inilah yang bisa memicu serangan jantung.

Kehabisan Nafas

Jika aktivitas normal seperti naik turun tangga dan membawa tas yang tak terlalu berat membuat Anda mudah lelah, periksakan diri ke dokter segera. Kehabisan napas saat baru bangun tidur juga menunjukkan adanya masalah pada kesehatan jantung Anda. Untuk mengurangi gejala ini bisa dengan melakukan yoga, karena olah raga pernafasan ini bagus untuk mengontrol peredaran darah kemanapun sehingga bisa mengendalikan penyakit dan rasa sakit yang dirasakan.

Nyeri Punggung, Lengan, dan Dada

Nyeri pada punggung, lengan, dan dada yang tiba-tiba dan tak memiliki alasan juga bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah dengan kesehatan jantung. Untuk itu ketahui sejak dini beberapa gejala tersebut yang mana merupakan sebagian sakit atau nyeri biasa, padahl itu justru menyimpan bahaya yang mengakibatkan kematian.

Jangan Abaikan Ini! Kenali Gejala Serangan Jantung

Ilustrasi Gejala Penyakit Jantung

Itulah beberapa gejala tersembunyi yang bisa terjadi pada seseorang ketika akan mengalami serangan jantung. Jika Anda mengalami gejala di atas, jangan abaikan dan justru kenali serangan jantung ini sebagai referensi agar tetap menjaga pola makan, olah raga dan istrahat cukup. Jikapun hal tersebut terjadi maka segera periksakan diri ke dokter sebagai langkah pencegahan.

, , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge