Home » MedikUpdate » Kesehatan » Ketahui Kanker Hati Penyakit Alm Alex Komang

Turut berduka cita untuk aktor senior Alex Komang, pemikirannya yang matang, bijak serta progresif dalam segala hal khususnya perfilman Indonesia mengingatkan penulis saat berkesempatan melakukan wawancara khusus di kediamannya beberapa tahun lalu. Tapi saat itu Alex masih segar dan terlihat bersahaja dengan penampilan khas janggut tipis dan rambut agak gondrong.

 

Ketahui Kanker Hati Penyakit Alm Alex Komang

Ilustrasi Kanker Hati

Kini ia telah berpulang setelah berjuang melawan penyakit yang cukup lama dimiliki yakni kanker hati. Hingga pukul 20:00wit tepatnya di rumah sakit Dr, Karyadi Semarang, aktor senior ini menghembuskan nafas terakhir saat terlantun ayat suci alquran.

Terlepas dari berita duka tersebut, tentu Anda ingin mengetahui seperti apa penyakit kanker hati yang di derita oleh Alm Alex Komang ini.

Apa Itu Kanker Hati

Kanker hati adalah penyakit di mana sel kanker yang tumbuh berasal dari organ hati. Terdapat dua macam jenis kanker yakni Kanker Primer serta Kanker Sekunder. Kanker hati primer diberi nama sesuai dengan asal tumbuh sel kanker tersebut. Misalnya Hepatocellular carcinoma (HCC) atau hepatoma, ini adalah tipe kanker hati yang disebut hepatocytes dan merupakan 85% dari kasus kanker primer.

vitamin vitabrain

Jenis kanker hati primer yang tidak begitu umum terjadi berasal dari sel berada pada garis saluran empedu yang disebut cholangiocytes, sehingga kanker tipe ini lebih dikenal sebagai kanker cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu.

Sementara untuk kanker hati sekunder berasal dari bagian tubuh yang lain dan membentuk deposit sekunder pada hati. Contoh umum dari kasus yang sering terjadi adalah kanker kolorektal yang menyebar ke organ hati melalui pembuluh darah.

Agak asing memang beberapa bahasa yang digunakan, namun kira-kira seperti itulah kanker hati yang menyerang aktor cakap Alex Komang dari tinjauan medis, beberapa kalangan atau sebagaian besar menyebut penyakit ini dengan hepatitis B.

Cegah Kanker Hati

Anda tentu bertanya-tanya apakah ada cara pencegahan yang bisa dilakukan sebelum kita terkena penyakirt kanker hati. Jawabanya tentu ada, beberapa cara tersebut cukup mudah dilakukan, meski begitu Anda perlu ketahui dengan melakukan pengecekan atau diagnosa yang bisa dilakukan oleh rumah sakit.

Beberapa rumah sakit yang mampu melakukan diagnosa kanker hati atau hepatitis B adalah sebagai berikut;

  1. RS Persahabatan
  2. RSPP
  3. RS Darmais
  4. RS Harapan Kita
  5. RS MItra Keluarga
  6. RS Cipto Mangunkusumo
  7. RS Dr. Karyadi
  8. RS Fatmawati

Masih banyak rumah sakit yang mampu melakukan diagnosa terdapatnya virus kanker hati. Medikanews.Com belum bisa memaparkan keseluruhan daerah lokasi atau nama RS tersebut. Meski begitu Anda perlu mengetahui cara pencegahan yang bisa Anda lakukan, berikut pencegahan kanker hati;

  • Vaksinasi terhadap virus hepatitis B
  • Hindari mengkonsumsi bahan-bahan yang mengandung karsinogen hati, khususnya alkohol
  • Hindari daging berlemak dan lemak hewani. Hindari kacang dan gandum berjamur
  • Lakukan skrining secara regular bila Anda termasuk dalam kelompok dengan resiko kanker yang tinggi
, , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge