Home » MedikUpdate » Kesehatan » Makanan Penyebab Luka Bakar Serius Pada Anak

Penasaran seperti apa makanan penyebab luka bakar serius pada anak? Makanan tersebut adalah mie instan, salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak menjadi konsumsi masyarakat umum ini ternyata berbahaya. Seperti apa bahaya tersebut simak selengkapnya.

Makanan Penyebab Luka Bakar Serius Pada Anak

ILustrasi Makanan Penyebab Luka Bakar Serius Pada Anak

Mie Instan memang mudah dibuat dan harganya sangat ekonomis. Jika lapar, tak sampai 5 menit mie instan sudah siap untuk disantap. Namun meski mudah dan murah, pakar mengatakan bahwa ada bahaya yang mengancam anak-anak pada mie instan.

Dr Leila Cuttle dari Queensland Children’s Medical Research Institute mengatakan bahwa kuah panas yang tersaji dari mie instan disinyalir sebagai makanan penyebab luka bajar serius pada anak. Bagaimana tidak, jika disajikan sesuai takaran, panas kuah mie ternyata dapat mencapai 80 derajat celcius! Alhasil kulit balita tentu terancam mengelupas karena pertumbuhan kulit yang dimiliki cenderung lebih halus dan lembut berbeda dengan kulit orang dewasa.

vitamin vitabrain

“Kulit telanjang yang terkena kuah panas akan terasa sangat menyakitkan. Memang akan sedikit terbantu jika ditutup namun sulit sekali disembuhkan,” tutur Dr Cuttle seperti dikutip dari ABC Australia. Ini kenyataan, meski tak seluruhnya trauma luka disebabkan dari kuah panas mie instan namun beberapa orang memiliki pengalaman kurang baik yakni terkena air yang panas. Dan orang yang paling bertanggung jawab dengan kejadian ini sebenarnya adalah orang tua.

Mengapa demikian, karena perhatian orang tua lewat pengarahan serta pendidikan dirumah sangatlah diperlukan sekali, mulai dari mengambil barang untuk dimainkan, makanan hingga air minum atau hal lain yang diinginkan si kecil. Jangan sampai mengambil makanan atau minuman yang masih panas sendiri yang mengakibatkan luka bakar. Efeknya, trauma luka tersebut sulit disembuhkan dan membekas hingga akhir hayat. Jikapun ingin dihilangkan memakan biaya yang cukup banyak.

Mie Instan Penyebab Luka Bakar Serius Pada Anak

Mie instan merupakan salah satu penyebab luka bakar yang paling sering dirujuk ke rumah sakit. Laporan dari Westmead Children’s Hospital di Sydney mengatakan bahwa 32 persen kasus luka bakar pada anak disebabkan oleh mie instan.

Tak hanya itu, pada periode 2005-2010 terdapat 291 anak yang dirawat dengan luka bakar parah akibat produk tersebut. Untuk itu, dr Cuttle menganjurkan bahwa orang tua agar tidak menyimpan mie instan dalam rumah serta tidak membiarkan anak membuat mie instan sendiri, karena makanan penyebab luka bakar serius pada anak adalah mie instan.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur terkena luka bakar? Dr Cuttle menjelaskan bahwa pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah menaruh luka di bawah air dingin yang mengalir selama 20 menit. “Hanya dalam 20 menit dapat menyebabkan Anda batal ke rumah sakit dan melakukan berbagai pengobatan yang merepotkan,” ujar Dr Cuttle lagi.

Selain itu, jangan lupa untuk membuka pakaian atau perhiasan yang menempel pada bagian luka. Setelah 20 menit selesai, pergi ke dokter atau belilah krim anti luka bakar yang dapat mengeringkan luka sekaligus mencegah infeksi.

, , , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge