Home » MedikUpdate » Obesitas Lebih Beresiko Terkena Kanker Prostat

Obesitas adalah salah satu penyakit yang berbahaya untuk tubuh. Selain itu, obesitas juga bisa memicu penyakit lainnya seperti diabetes atau penyakit jantung. Baru-baru ini peneliti juga mengungkap bahwa pria yang mengalami obesitas lebih beresiko terkena kanker prostat.

Berdasarkan penelitian terbaru, pria yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas berisiko lebih tinggi terkena kanker prostat tingkat lanjut atau bahkan kanker agresif yang bisa berakibat fatal. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa 10 persen kasus kanker prostat sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga berat badan.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dialami pria. Hasil penelitian yang mengaitkan berat badan dengan kanker prostat didapatkan peneliti setelah menganalisis 104 penelitian yang melibatkan 9,8 juta pria dan 191.000 kasus kanker prostat, seperti dilansir oleh Daily Mail (19/11).

vitamin vitabrain
Obesitas Lebih Beresiko Terkena Kanker Prostat

Ilustrasi Obesitas

Hasil penelitian tentang obesitas lebih beresiko terkena kanker prostat ini akhirnya berimbas dengan melemahnya kaitan antara kanker prostat dengan makanan tertentu. Beberapa di antaranya adalah bahwa saus tomat tak bisa mencegah kanker prostat, begitu juga susu atau produk susu yang awalnya dianggap bisa meningkatkan risiko kanker prostat kini dianggap tidak terlalu relevan.

[Baca Juga : Herbal Penyembuh Kanker]

Menurut Kate Allen dari World Cancer Research Fund International, ini adalah penelitian pertama yang mengaitkan kanker prostat dengan obesitas. Ini memberikan informasi betapa pentingnya menjaga berat badan untuk mencegah kanker prostat. Meski begitu tak diketahui apakah berat badan juga didukung oleh faktor lain seperti riwayat kesehatan keluarga jika dikaitkan dengan risiko kanker prostat.

Terkait dengan temuan bahwa obesitas lebih beresiko terkena kanker prostast, Dr Matthew Hobbs dari Prostate Cancer UK menjelaskan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan pria untuk mencegah kanker prostat adalah dengan menjaga berat badan yang sehat dan tetap aktif. Gaya hidup aktif tak hanya melindungi tubuh dari kanker tetapi juga penyakit lainnya.

Nah, apakah Anda kerap tak menjaga pola makan sehingga berat badan menjadi berlebih? Hati-hati dengan beberapa hal yang telah MedikaNews ungkapkan sebelumnya. Kurangi berat badan Anda sekarang juga jika memang telah berlebih. Semoga bermanfaat.

, , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge