Home » Tips » Kesehatan » Keluarga » Penyebab Haus Yang Berakibat Fatal

Inilah penyebab haus yang berakibat fatal, pasalnya beberapa penyebab haus ini akan berdampak buruk bahkan kematian jika dibiarkan. Tak hanya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh tetapi beberapa hal ini mungkin tak banyak orang mengetahuinya.

Dari dehidrasi hingga rasa cemas yang berlebih, keduanya memiliki potensi besar hingga menyebabkan manusia itu menelan air liur berkali-kali karena menahan rasa haus. Kekeringan di krongkongan tersebut jika dibiarkan akan berakibat fatal, dan inilah beberapa hal penyebab kehausan dan Anda perlu mengetahuinya.

Penyebab Haus Yang Berakibat Fatal

Ilustrasi Anak yang Kehausan

Penyebab Haus

Sedikitnya terdapat 5 penyebab yang MedikaNews.com utarakan kepada Anda, banyak hal memang yang bisa mengakibatkan Anda menjadi haus, misalnya saja dalam kasus normal, iklim yang panas, kelembaban, makan makanan pedas, menyebabkan rasa dahaga, namun beberapa hal ini juga konon banyak yang belum mengetahuinya, berikut penyebab kurangnya cairan tersebut.

Diabetes

Sering merasa haus adalah gejala dari keduanya, diabetes mellitus (tipe 1 dan diabetes tipe 2) dan diabetes insipidus. Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya tingkat gula dalam darah dan kurangnya produksi atau penyerapan hormon insulin dalam tubuh. Penurunan berat badan, tekanan darah tinggi, sering buang air kecil, dll, adalah gejala lain. Alhasil inilah penyebab haus yang berakibat fatal.

Hiperkalsemia

Hiperkalsemia adalah suatu kondisi yang muncul ketika tingkat kalsium dalam darah meningkat. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti hipertiroidisme, kegagalan kelenjar adrenal, gagal ginjal, kelebihan asupan diuretik, dll. Batu ginjal, sering buang air kecil, mual, muntah, haus berlebihan, dll, adalah gejalanya.

vitamin vitabrain

Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum dari rasa dahaga tak jelas pada anak-anak maupun orang dewasa. Hilangnya air dan garam dari tubuh karena tidak minum cukup air, berkeringat berlebihan, muntah, atau diare dapat menyebabkan dehidrasi. Jika tidak ditangani maka seseorang akan mengalami ambang sadar dan bisa mengakibatkan kematian.

Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional, juga dikenal sebagai diabetes mellitus gestasional (GDM), adalah jenis diabetes yang terjadi pada wanita hamil yang tidak memiliki riwayat diabetes sebelum hamil. Penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui. Namun, diyakini bahwa hormon tertentu menyebabkan gangguan dalam fungsi insulin, yang menyebabkan kenaikan tingkat gula darah. Dalam sebagian besar kasus, diabetes gestasional menghilang setelah kelahiran anak.

Peritonitis

Peritonitis adalah suatu kondisi yang disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur di peritoneum, membran yang melapisi dinding perut bagian dalam. Hal ini dapat disebabkan karena dialisis peritoneal, membangun cairan peritoneal, cedera, atau trauma pada membran. Muntah, haus, detak jantung cepat, kurang nafsu makan, dan mual adalah gejala peritonitis. Ini salah satu penyebab haus yang berakibat fata untuk diri manusia.

Rasa Cemas

Ketika seseorang merasa cemas, mulut mereka akan lebih mudah kering dan merasa haus. Kecemasan bisa mengurangi air pada mulut dan memicu rasa haus. Selain itu, kecemasan juga meningkatkan asam pada perut yang bisa menghilangkan air liur. Jika Anda merasa sangat haus namun tak memiliki penyakit apapun, bisa jadi kecemasan lah pemicunya.

Berkeringat

Keringat yang terus keluar adalah hal wajar di cuaca yang panas. Hal ini juga bisa terjadi pada siapa saja. Keringat yang keluar secara berlebihan bisa menyebabkan rasa haus. Karena itu ketika tubuh berkeringat dengan berlebihan, Anda juga harus mengonsumsi lebih banyak air, jika tidak maka Anda akan kekurangan ion dan hal ini sebagai penyebab haus yang berakibat fatal.

Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan juga bisa memicu rasa haus yang berlebihan. Ini terjadi terutama setelah Anda makan terlalu banyak pada siang atau malam hari. Selain itu, makan makanan yang berminyak atau pedas juga bisa memberikan efek rasa haus pada tubuh. Hal ini terjadi karena cairan dalam tubuh digunakan untuk mencerna makanan sehingga cairan dalam tubuh akan berkurang.

Itulah beberapa penyebab haus yang berakibat fatal. Jarang yang mengetahui bahwa hal-hal di atas bisa memicu rasa haus. Meski merasa haus, namun konsumsi air secukupnya dan jangan berlebihan. Karena terlalu banyak minum juga tak baik untuk tubuh.

, , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge