Home » MedikUpdate » Kesehatan » Penyebab Infeksi Kulit Adalah Baju Tidur Yang Lama Tak Dicuci!

Baju tidur yang hanya dipakai malam hari, seringkali digantung kemudian dikenakan lagi keesokan harinya, bahkan beberapa hari tak pernah dicuci dengan anggapan bersih dan tak terkena debu atau kotoran di luar rumah. Padalah, penyebab infeksi kulit adalah baju tidur yang lama tak dicuci.

Penyebab Infeksi Kulit Adalah Baju Tidur Yang Lama Tak Dicuci!

Ilustrasi Baju Tidur – Molto

Apakah Anda baru mengetahuinya? Tak apa, esok hari tentu masih ada waktu untuk membersihkan dan mencuci baju tidur yang belum tercuci. Dalam sebuah survei ada orang yang menggunakan baju tidurnya selama 13 kali sebelum mencucinya. Wow!

Sally Bloomfield dari London School of Hygien & Tropical Medical mengatakan, tubuh kita melepaskan sel kulit mati yang penuh dengan mikroorganisme. “Kita semua memiliki organisme di kulit dan usus yang kebanyakan tidak berbahaya. Tetapi jika mikroorganisme itu berada di tempat yang salah bisa menyebabkan masalah,” katanya dan salah satunya adalah infeksi kulit.

vitamin vitabrain

Ia menambahkan, kebanyakan orang membawa bakteri staphylococcus yang dapat menyebabkan infeksi jika bakteri ini masuk ke dalam luka kecil. “Kita juga membawa bakteri E.Coli di perut, tapi kebanyakan tidak berbahaya. Namun jika bakteri ini masuk ke saluran kencing bisa menyebabkan infeksi,” paparnya.

Mikroba juga bisa berpindah lewat kulit atau pakaian. “Jika kita menaruh piyama atau pakaian tidur yang sudah lama tidak dicuci serta penuh dengan mikroba, ia bisa berpindah ke pakaian lain dan mungkin berpindah ke orang lain,” katanya. Dengan begitu infeksi kulit tak hanya ketika Anda berada diluar ruang atau tempat umum.

Oleh karen itu Bloomfield menyarankan agar kita mencuci pakaian tidur minimal sekali seminggu. Mencuci akan menyingkirkan mikroba. Tetapi mikroba yang disingkirkan akan lebih sulit jika kita tidak mencuci pakaian itu sampai dua minggu karena mikrobanya sudah berkembang biak.

Penyebab Infeksi Kulit Adalah Baju Tidur Yang Lama Tak Dicuci!

Ilustrasi Gatal Sebagai Penyakit Kulit Ringan – gomerketonline

“Mikroba tersebut bisa berpindah ke pakaian dalam atau pakaian lain. Ini tentu penting jika kita tinggal di asrama yang berisi beberapa orang atau sebuah keluarga yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak,” katanya. Yuk sama-sama sehat dan menghilangkan penyebab infeksi kulit dengan mencuci baju tidur atau piyama 2 atau paling lama 3 hari sekali.

, , , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge