Home » MedikUpdate » Alat Kesehatan » Perhatikan Benar Alat Ukur Gula Darah Anda

Alat ukur gula darah. Siapa yang tak ingin memiliki sebuah alat guna membantu mengatur atau bahkan mengendalikan tekanan gula darah, dengan harapan tingkat akurasi alat tersebut maka pasien penderita diabetes bisa mendapatkan pencegahan atau penanganan sejak dini terjadap penyakit yang di derita.

Sayangnya pada kenyataan berbicara lain, justru tingkat akurasi yang dimiliki beberapa atau bahkan sebagian alat ukut tersebut mengalami masalah setelah digunakan beberapa kali atau jangka waktu tertentu.

“Saya pernah membeli salah satu merk tertentu alat ukur gula darah, namun setelah beberapa kali diganti baterai malah tingkat akurasi yang diberikan tidak lagi terpercaya, ungkap Parjo salah satu pasien diabetes usia 55 tahun yang sempat kebetulan bertemu dengan MedikaNews.com di salah satu rumah sakit di Jakarta beberapa waktu lalau.

Tak berbeda dengan pria tersebut, Siti Solicah, wanita paruh baya yang menderita hipertensi juga mengeluhkan hal yang sama tentang alat ukur takanan darah yakni tingkat akurasi berkurang bahkan berubah-ubah karena kualitas yang tidak konsisten terhadap produk tersebut.

vitamin vitabrain
Perhatikan Benar Alat Ukur Gula Darah Anda

Ilustrasi Alat Ukur Gula Darah

Menurut Kepala Bagian Patologi Klinik dari Rumah Sakit Dharmais-Jakarta, Dr. Agus S. Kosasih, SpPK. Alat ukur yang tidak akurat dapat memunculkan hasil yang seolah-olah tinggi atau pun rendah, padahal tata laksana yang salah dapat menyebabkan pasien terserang hiperglikemia atau pun hipoglikemia, bahkan menimbulkan komplikasi pada pasien.

“Maka penting bagi pasien untuk memperhatikan kualitas glukosa meter yang akan dibeli,” kata Agus, Agus mengemukakan bahwa faktor kualitas glukosa meter meliputi tingkat akurasi alat, kualitas strip tes, serta kemampuan alat dalam menyesuaikan pada kondisi hematokit atau jumlah sel darah merah dalam darah pasien.

Sebab tiap alat ukur gula darah memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyesuaikan kegunaan dengan kondisi hematokit pasien yang ekstrim, seperti anemia atau dehidrasi berat, untuk alat ukur gula darah yang berkualitas seharusnya dapat menghindari gangguan saat pembacaan kadar glukosa, meskipun adanya zat lain yang terkandung dalam darah. [baca juga : Jenis Tensimeter Yang perlu Diketahui]

Selain itu, glukosa meter berkualitas juga harus mampu beradaptasi jika melakukan tes pada ketinggian tertentu dan tahan terhadap gangguan suhu serta kelembapan udara. Yang tidak kalah penting adalah pengguna harus mengerti prosedur penggunaan dan perawatan alat ukur gula darah, agar hasil tes gula darah tetap akurat.

Sumber : Republika.com

,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge