Home » MedikUpdate » Satu Lagi Bahaya Untuk Perokok!

Yup! Benar saja, tak henti-hentinya masyarakat yang anti dengan asap rokok menggelindingkan hal negatif yang dianggap bisa memberikan stimulus positif para peroko untuk mengurangi kebiasaan tersebut atau bahkan berhenti.

Satu Lagi Bahaya Untuk Perokok!

Ilustrasi Perokok Wanita

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa bahaya untuk para perokok bertambah satu lagi yakni punya dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Menurut catatan berita kesehatan Kompas yang mengulas tentang hal ini para perokok diketahui lebih berisiko 2,5 hingga 3,5 kali lipat menderita penyakit gusi.

“Perokok memungkinkan 4 kali lebih berisiko mengalami perkembangan penyakit gusi lanjut,” ujar dokter spesialis periodonsia, Sandra Olivia di Jakarta, Rabu (29/10/2014) yang memaparkan terdapat satu lagi bahaya untuk perokok saat ini.

Sandra menjelaskan sedikitnya ada tiga macam bakteri yang sering ditemukan pada rongga mulut seorang perokok. Jika didiamkan atau tidak segera dibersihkan, bakteri yang menumpuk akan menimbulkan plak pada gigi. Lama-kelamaan bisa menyebabkan peradangan pada gusi.

vitamin vitabrain

Peradangan pada gusi dipicu oleh kandungan nikotin yang terdapat pada rokok. Sebab, nikotin membuat sistem imun tubuh menjadi lemah sehingga perlawanan terhadap bakteri juga semakin berkurang. Alhasil, satu lagi bahaya untuk perokok yang tak bisa terelakkan.

Selain itu, fungsi-fungsi normal sel dalam jaringan gusi juga terganggu dan menghalangi aliran darah ke gusi. Hal ini dapat menghambat suplai nutrisi ke gusi. Gusi pun akhirnya bisa terpisah dari tulang sehingga rentan terinfeksi.

Jika demikian tentu tak bisa dianggap remeh, Sandra juga menaambahkan bahwa, penyakit gusi pada perokok biasanya kehilangan perlekatan gigi, kerusakan tulang hingga kehilangan gigi. Untuk Anda yang memang mengalami hal ini maka tak perlu malu untuk mengakuinya, satu lagi bahaya untuk perokok.

Sandra mengatakan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit gusi utamanya disebabkan oleh buruknya kebersihan gigi dan mulut. Namun, bisa diperparah dengan merokok.

Dan untuk melakukan pengobatan atau perawatan penyakit gusi seharusnya berhenti merokok. Jika tetap merokok, maka proses penyembuhan akan lebih sulit 50 persen dibanding yang berhenti merokok.

Parahnya lagi, penyakit gusi pun tidak bisa dianggap sepele. Penyakit gusi bisa menyebabkan penyakit jantung dan diabetes, dan tak hanya menyebut satu lagi bahaya untuk perokok, tetapi menjadi dua atau lebih. Masih mau tak menjaga kebersihan gigi dan mulut? Yuk kurangi atau hentikan mengkonsumsi asap roko demi kesehatan Anda.

, , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge