Home » MedikUpdate » Kesehatan » Stop! Beli Produk Kesehatan via Online

Tren ecommerce yang mendorong orang berbelanja tanpa harus bertandang langsung melihat wujud fisik produk semakin digemari, selain mudah, tentu lebih efisien karena tak sedikit toko online yang membebaskan jasa kirim untuk produk yang dibeli. Termasuk saat beli produk kesehatan via online, tetapi tahukah Anda jika membeli produk kesehatan secara online bisa menimbulkan masalah?

Inilah yang menjadi ulasan MedikaNews.com, pasalnya, saat ini apapun yang Anda butuhkan bisa didapatkan secara online. Namun, tak semua produk aman jika membelinya secara online. Anda perlu berhati-hati, khususnya ketika membeli produk-produk kesehatan untuk dikosumsi.

Asisten profesor kedokteran internal dan pediatri di Loyola University Health System Josephine Dlugopolski-Gach mengatakan, ketika Anda beli produk kesehatan via online maka tak sedikit pula orang yang jual produk kesehatan tertentu di situs online yang tak peduli dengan kesehatan konsumen, melainkan hanya memikirkan keuntungan dalam berbisnis.

Adapun beberapa produk kesehatan seperti dibawah ini perlu Anda perhatikan dan usahakan untuk hentikan membeli via online, produk kesehatan tersebut adalah;

1. Obat

Jangan beli obat via online, meskipun dengan harga yang lebih murah dibanding beli di apotek. Tak semua obat bisa diperjualbelikan secara bebas. Ini artinya, situs online tersebut membiarkan Anda membeli obat tanpa resep dokter. Membeli secara online sangat berisiko Anda membeli obat palsu atau mengandung bahan berbahaya.

Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat pernah mendapati obat flu Tamiflu yang dijual online ternyata obat palsu. Belilah obat di apotek terpercaya. Patuhi pembelian obat sesuai resep dari dokter yang menangani Anda.

2. Suplemen Penurun Berat Badan

Suplemen penurun berat badan adalah salah satu obat yang juga jangan Anda beli via online. Tak banyak konsumen memiliki untuk membeli produk kesehatan ini via online, karena mereka yang putus asa ingin menurunkan berat badan secara instan dan sering tergiur dengan iklan-iklan suplemen penurunan berat badan di internet.

vitamin vitabrain

Sama seperti pembelian obat, suplemen berat badan yang dibeli secara online juga dikhawatirkan hanya suplemen palsu. FDA pernah menemukan suplemen, bahkan produk herbal yang dijual online telah tercemar bahan berbahaya. “Banyak sekali pil penurunan berat badan hanya stimulan. Pil mengandung banyak kafein yang tidak aman untuk Anda yang memiliki masalah pada jantung,” terang Dlugopolski-Gach.

3. Air Susu Ibu

Percaya atau tidak ini terjadi, ASI diperjualbelikan, tetapi meski begitu jangan lakukan ini, dengan membeli makanan terbaik bagi bayi yakni air susu ibu (ASI). Memang tak semua ibu lancar mengeluarkan ASI dan donor adalah solusinya, tetapi tak semua bayi bisa menerima donor ASI. Untuk itu, jangan sekali-kali membeli ASI secara online. ASI yang yang dijual online tidak dapat dipastikan asal usulnya.

Menurut Dlugopolski-Gach, ASI tersebut bisa saja telah terkontaminasi virus HIV hingga hepatitis, atau bakteri karena penyimpanan dan pengiriman yang tidak aman. Saat ini di Amerika terdapat bank susu yang aman karena telah melewati serangkaian tes dan penyimpanan yang aman.

4. Kapsul Hormon

Ketika wanita mengalami menopause, terjadi penurunan hormon yang membuat gairah seks menurun. Dokter Obgyn dari Spectrum Medical Group Diana Bitner mengatakan, beberapa wanita tergoda untuk membeli obat pengganti hormon yang menurun, krim, maupun produk herbal secara online. Bitner mengaku pernah memiliki pasien yang membeli produk hormon testoteron secara online. “Efek sampingnya sangat buruk, seperti tumbuh rambut, suara lebih berat,” katanya.

Menurut Bitner, beli produk kesehatan via online justru bisa membahayakan kesehatan dan hanya akan membuang-buang uang. Anda tidak tahu berapa banyak hormon yang diperlukan tubuh. Bagi wanita, untuk mengurangi gejala setelah menopause seharusnya berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Begitu juga obat lain seperti pelangsing, ASI dan obat kesehatan penyakit ringan seperti batuk, flu dan demam, pastikan Anda mendapatkanya dengan baik dan benar-benar asli serta terjamin. [ baca juga : Manfaat Siwak Sebagai Alat Kesehatan ]

, , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge