Select Page

Tips Atasi Cedera Saat Latihan

Tips Atasi Cedera Saat Latihan

Tips atasi cedera saat latihan ini sepertinya perlu Anda ketahui, mulai dari kram otot, terkilir dan sakit pinggang merupakan cedera yang terkadang terjadi. Inilah cara mengatasi cedera saat latihan.

Tips Atasi Cedera Saat Latihan

Ilustrai Cedera Saat Latihan

Sebagai olahragawan, atau pelatih olah tubuh lain tentu tak melulu terhindar dari cedera. Artinya sehebat, secermat, dan sewaspada apa pun Anda, pasti cedera selalu mengintai saat berolahraga.

Banyak jenis olah raga tentu, apalagi setiap orang memiliki aktifitas olah tubuh yang berbeda tergantung minat dan kesenangan dirinya. Mulai dari bersepeda, renang, sepak bola hingga sepak bola ruangan yang dikenal dengan futsal, tentu rentang dengan kesalahan gerak. Mau tak mau Anda harus bisa atasi cedera saat latihan tersebut sendiri.

Paling tidak, jika rekan Anda mengalami hal demikian dan bukan pada Anda maka cara penanganan beberapa hal berikut ini bisa menjadi penanganan pertama ketika terjadi kesalahan gerak yang menimbulkan keseleo atau cedera.

Berikut adalah 3 hal yang bisa Anda ingat untuk Anda sendiri atau rekan Anda dan orang lain yang mengalami kecelakaan ringan tanpa sengaja;

Terkilir

Tips pertama atasi cedera saat latihan adalah terkilir atau banyak orang mengatakan keselo. Biasanya terjadi pada semua bagian pergelangan tangan dan kaki. Kondisi ini terjadi karena kesalahan koordinasi tubuh, beban yang terlalu berat, atau bisa juga akibat kurangnya pemanasan. Tubuh yang berkeringat adalah indikasi bahwa otot, tulang tendon, ligamen, siap berolahraga.

Tips Atasi Cedera Saat Latihan

Ilustrasi Penggunaan Kain Ketika Terkilir-Image Credit To bp.blogspot

Untuk mencegah hal ini, berkeringatlah sebelum Anda mengerahkan 100 persen kemampuan Anda di gym. Pada olahraga lari, sepakbola, voli, kemungkinan pergelangan kaki terkilir sangat besar, terutama ketika Anda kehilangan keseimbangan lalu kaki Anda mendarat tidak sempurna.

Ciri-ciri terkilir biasanya jika Anda merasakan nyeri saat memutar pergelangan tangan dan kaki, atau ketika berada dalam posisi-posisi tertentu.

Cara Mengatasinya

Jika Anda masih sanggup berjalan dan menggerakkan tangan, maka mungkin cedera Anda tidak terlalu parah. Lakukan RICE ( Rest, Ice, Compression, dan Elevation) segera saat Anda di rumah.

Tips atasi cedera saat latihan ini cukup penting, jika rasa sakitnya hilang atau berkurang, artinya cedera Anda ringan. Tapi jika rasa nyerinya semakin menjadi dan terjadi pembengkakan, maka Anda harus segera ke ahli fisioterapis.

Kram Otot

Perut dan kaki adalah bagian yang paling sering mengalami kram otot meski tidak menutup kemungkinan bagian-bagian tubuh yang lain juga mengalaminya.

Tips Atasi Cedera Saat Latihan

Ilustrasi Kram Otot Betis – Image Credit rspaw

Daerah yang terkena mendadak kaku dan nyeri akibat kontraksi otot (memendek) atau kontraksi otot secara mendadak. Serangannya cepat dan mengejutkan meski biasanya tidak berbahaya. Kram terjadi karena tubuh kekurangn garam sehingga otot kekurangan cadangan air (ingat garam mengikat air).

Kram juga bisa terjadi akibat kurangnya pemanasan dan peregangan atau Anda mengangkat beban terlalu berat. Olahragawan yang rawan terkena kram adalah pesepeda, olahraga beladiri, pemain bola, dan lifter.

Ciri kram otot biasanya daerah yang terkena susah digerakkan dan terasa sakit secara mendadak. Terkadang disertai benjolan otot yang abnormal.

Cara Mengatasi

Menurut para ahli fisioterapis yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah istirahat. Lalu minumlah air putih dicampur dengan garam. Tidak enak memang, tapi ini bisa menjadi pilihan terbaik saat terjadi kram. Jika enggan minum air garam, silakan minum cairan elektrolit. Cara paling efektif mengatasi kram adalah dengan beristirahat total dan mengurangi beban latihan. Itulah cara atasi cedera saat latihan yang kedua.

Sakit Pinggang

Sering dialami para pecinta fitnes atau olahraga yang mengharuskan Anda duduk dalam waktu lama. Penyebab sakit pinggang adalah beban yang berlebihan atau akumulasi beban dalam waktu lama tak bisa lagi ditolerir oleh bagian pinggang. Bisa pula terjadi akibat melakukan gerakan tiba-tiba yang bertumpu pada otot pinggang.

Tips Atasi Cedera Saat Latihan

Ilustrasi Sakit Pinggang-Image Credit To sman1glagah

Kondisi ini biasanya memiliki ciri-ciri; munculnya rasa nyeri ketika menggerakkan pinggang baik saat membungkuk, menggerakkannya ke samping atau ke kiri. Degan begitu cara atasi cedera saat latihan jenis ini bisa dilakukan menggunakan beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengatasinya

Benar, cara atasi cedera saat latihan seperti ini sebaiknya Anda bisa kenakan pelapis panas, seperti patch. Para peneliti menyebutkan, memakai pelapis panas di balik kemeja setiap hari dapat mengurangi rasa sakit hingga 25 persen. Para ahli percaya pelapis bisa meningkatkan elastisitas jaringan otot, sekaligus mendorong aliran darah bersih menuju bagian tubuh yang sakit.

Ketika Anda tidak bisa menggunakan pelapis, baluri bagian yang sakit dengan obat gosok yang mengandung capsaicin-bahan yang membuat lada atau cabai menjadi pedas.

Sakit pinggang ketika berolahraga terutama akibat keteledoran Anda saat mengangkat beban berat-deadlift misalnya, cara atasi cedera saat latihan seperti itu layak Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge