Select Page

Manfaat Siwak Sebagai Alat Kesehatan

Manfaat Siwak Sebagai Alat Kesehatan

Manfaat siwak sebagai alat kesehatan memang belum banyak diketahui, tetapi melalui artikel berikut ini Anda akan mengetahui beberapa hal yang menjadi manfaat dan kegunaan alat kesehatan yang kono telah hadir ratusan tahun lalu.

Manfaat Siwak Sebagai Alat Kesehatan

siwak

Siwak atau miswak merupakan ranting pohon arook yang dikupas ujung dan digunakan dengan cara digosokkan pada mulut. Selain pohon arook, siwak juga dapat diperoleh dari ranting pohon kenari dan zaitun.

Sejak zaman Nabi Muhammad SAW, manfaat siwak sebagai alat kesehatan sudah dianjurkan, yakni untuk membersihkan gigi dan mulut serta dapat digunakan setiap berwudhu, sebelum sholat, saat hendak memasuki rumah, hingga ketika baru bangun tidur.

Berdasarkan apa yang diriwayatkan Al Imam Ahmad, semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW menganjurkan penggunaan siwak karena dapat menyucikan mulut dan diridhoi Allah SWT.

Ada beberapa keutamaan manfaat siwak sebagai pelopor alat kesehatan gigi, gusi dan mulut. Menggunakan siwak disinyalir lebih baik dibandingkan menggunakan pasta gigi. Keutamaan tersebut antara lain mematikan sekitar 1000-3000 kuman dan bakteri penyebab sakit gusi. Apa sebab?

Terkait dengan informasi tersebut maka sebuah perusahaan di AS untuk mencampurkan siwak kedalam produk yang dibuat yakni permen karet. Wrigley, salah satu perusahaan kenamaan dunia sempat menerbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry yang di dalamnya memuat campuran siwak dalam permen yang dibuatnya.

Hasilnya, perusahaan yang identik dengan permen karet ini mendapat setelah dicampur selama 30 menit, permen yang dicampur ekstrak siwak dapat membunuh sekitar 60% bakteri dibandingkan permen biasa yang hanya bisa membunuh 3,6% bakteri.

Selain itu manfaat siwak sebagai alat kesehatan juga bisa menghancurkan plak secara efektif dan membasmi karies gigi. Keluhan bau mulut juga dapat diminimalisir karena siwak dapat membuat mulut lebih wangi serta membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

Manfaat Siwak Sebagai Alat Kesehatan

Siwak Yang Sudah Dikupas

Senada dengan itu, dalam US National Library membandingkan kebiasaan menyikat gigi dan menggunakan siwak. Dalam riset tersebut didapati penggunaan siwak lebih efektif dibandingkan dalam mengurangi plak dan radang gusi dibandingkan menyikat gigi. Nah, manfaat siwak sebagai alat kesehatan terbukti bagus bukan? Siapa mau?

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge