Select Page

Tayangan TV Dokter Oz Dituntut

Tayangan TV Dokter Oz Dituntut

Tayangan TV dokter Oz dituntut! Tayangan televisi “The Dr Oz Show” rupanya menimbulkan kontroversi di dunia kedokteran. Sebanyak 10 dokter menuntut pembawa acara tersebut, yaitu Mehmet Oz untuk diberhentikan dari jabatannya di Fakultas Kedokteran Columbia University.

Menurut 10 dokter ini, OZ tak memiliki integritas sebagai dokter karena justru memromosikan “perawatan dukun” dalam tayangan televisi. “Dr Oz telah berulang kali menunjukkan penghinaan terhadap ilmu pengetahuan dan kedokteran yang telah berbasis bukti,” tulis surat 10 dokter tersebut seperti dikutip dari Foxnews.com. Surat itu dikirim kepada Lee Goldman, dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Columbia University pada awal pekan ini.

Tayangan TV Dokter Oz Dituntut

Ilustrasi Dr Oz Show

Sebagai salah satu contoh, Oz pernah menyarankan penggunaan “keajaiban” produk suplemen penurunan berat badan yang belum terbukti secara ilmiah. Seringnya memberikan promosi sebuah produk tanpa memberikan data fakta dan proses uji coba secara klinis tersebut akhirnya mengantarkan tayangan TV dokter Oz dituntut beberapa dokter yang merasa keberatan dengan cara tersebut. Salah satu dokter yang menuntut mengungkapkan bahwa jika uji klinis dan bukti fakta bahwa produk suplemen tersebut tidak bisa dipastikan atau ‘coba-coba’ maka dunia kedokteran merasa diremehkan dan itu melanggar kode etik.

Menanggapi hal ini, The New York Ivy League school memberikan pernyataan kepada The Associated Press bahwa sekolah berkomitmen pada prinsip kebebasan akademik dan membebaskan anggota fakultas mengekspresikan laporan yang mereka buat dalam diskusi publik.

Tuntutan para dokter ini dipimpin oleh dokter Henry Miller dari California Stanford University. Kemudian, sembilan dokter lain berasal dari berbagai wilayah seperti dokter Joel Tepper, seorang peneliti kanker dari University of North Carolina School of Medicine, dan dokter Gilbert Ross dari American Council on Science and Health di New York City. Semuanya siap menyatakan tayangan tv dokter Oz dituntut.

Para dokter tersebut mengatakan, Oz sebagai ahli bedah kardiotoraks atau jantung dan dada, telah menunjukkan kurangnya integritas dengan memromosikan perawatan maupun penyembuhan dengan cara dukun demi keuntungan pribadi. Menurut mereka, hal ini sunguh menyesatkan masyarakat.

Sebelum tanyangan tv dokter Oz dituntut, Oz sendiri pernah mengakui bahwa beberapa produk yang ia rekomendasikan pada penonton tidak didukung oleh bukti ilmiah sebagai fakta. Oz pertama kali menjadi perhatian publik setelah sering menjadi bintang tamu dalam acara televisi Oprah Winfrey. Selama lima tahun terakhir ini, ia pun menjadi pembawa acara “The Dr Oz Show.”

Douglas Levy, juru bicara Columbia University Medical Center mengatakan, Oz yang menjabat Wakil Ketua Departemen Bedah Columbia University itu terkadang juga masih mengajar di universitas. Oz sendiri pada Kamis (16/4/2015) malam belum bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya mengenai tayangan tv doketr Oz dituntut.

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

2 Comments

  1. damar

    rasain lho! makanya kalo ngomong jangan asal promo… mentang2 jadi reguler di oprah.. jadinya dokter2 lain pada marah tuh..

    Reply
  2. tohar

    hahaha.. makanya ajak2 lah dokternya yg lain.. gantian aja.. kan aman jadinya..

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge