Home » MedikUpdate » Kesehatan » Apa Yang Terjadi Jika Anda Kelebihan Vitamin A

Apa yang terjadi ketika Anda merasa kelebihan vitamin A? Ternyata menurut penelitian, terdapat satu jenis yang mengakibatkan seseorang bisa malah sakit dan bukan sehat. Vitamin A, tap, jenis ini bisa mengakibatkan Anda malah jatuh sakit jika berlebih, Berbeda ketika jenis vitamun lain berlebih.

Penelitian baru yang dilakukan oleh peneliti asal Belanda menyatakan bahwa asupan vitamin A dapat mengganggu sistem kekebalan tubuhnya bila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu mulai saat ini Anda perlu banyak mengetahui dimana saja vitamin tersebuh terkandung.

Untuk mengetahui kelebihan vitamin, Anda tentu perlu mengetahui bahwa jenis vitamin A biasa ditemukan dalam produk hewani seperti daging, unggas hingga produk susu, semua itu kaya akan vitamin A. Selain itu, produk nabati seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin A juga jangan terlalu sering dimakan.

“Penelitian ini membantu menjelaskan mekanisme efek antiinflamasi serta memodulasi respon imun dari vitamin A,” ujar Peneliti Mihai Netea dari Medical Center Radboud University di Nijmegen, Belanda.

Dalam studinya, Netea dan rekan mencoba merangsang sel-sel kekebalan tubuh dengan Vitamin A. Hasilnya sel-sel yang dihasilkan sitokin lebih sedikit dan tidak mudah melawan mikroba. Artinya kelebihan vitamin ini bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Selain itu, sel-sel itu juga dirangsang dengan berbagai struktur mikroba. Akibatnya ada aktivasi jangka panjang yang terjadi.

Nah, ketika percobaan yang sama dilakukan dengan adanya vitamin A, struktur mikroba ternyata tidak lagi mampu mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh. Kelebihan vitamin A sudah terbukti bisa membahayakan bagi tubuh, untuk itu hati-hati dengan vitamin A, jangan terlalu banyak Anda mengkonsumsi.

vitamin vitabrain
Apa Yang Terjadi Jika Anda Kelebihan Vitamin A

Turunan Vitamin A

Makanan, Buah dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin A

1. Wortel
Sayuran kesukaan kelinci ini memang sangat banyak mengandung vitamin A. Selain dapat menurunkan hipertensi, yang lebih menggembirakan bagi kaum hawa adalah, wortel bisa menghilangkan nyeri akibat menstruasi. Anda bisa memasaknya sebagai bahan campuran sup atau juga sebagai lalapan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak karena Anda bisa kelebihan vitamin A.

2. Cabai merah
Tanaman yang digunakan sebagai pemberi rasa pedas dalam bumbu dapur ini juga mengandung kandungan vitamin yang tinggi. Salah satunya adalah kandungan vitamin A nya.

3. Bayam
Sayuran hijau ini juga tidak kalah dengan wortel, kandungan beta karoten didalam bayam hampir sama dengan kandungan beta karoten didalam wortel. Bayam juga mengandung zat besi, yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan anda. Satu cangkir bayam sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan 49% vitamin A. Jika kelebihan vitamin A juga tak terlalu baik, usahakan seimbang dengan makanan lain atau buah lain.

4. Tomat
Sayuran yang identik dengan warna orange dan berbentuk bulat ini juga kaya akan kandungan vitamin A. Satu buah tomat yang berukuran sedang sudah cukup untuk mencukupi 20% dari kebutuhhan vitamin A tubuh.

5. Papaya
Siapa sangka jika kelebihan vitamin yang terdapat pada buah pepaya ini membahayakan, sejauh dikonsumsi cukup maka sangtlah baik, tetapi berlebih akan bisa sebaliknya.

6. Buah naga
Kadar vitamin yang dimiliki cukup baik, waktu lalu buah ini masih mahal tetapi kini sudah tidak mahal dan jauh turun harga.

7. Buah apel
Selain mengandung vitamin B yang komplek dan vitamin C. apel juga mengandung vitamin A yang cukup baik untuk tubuh, tetapi ingat jika kadar yang diasup cukup dan jangan kelebihan vitamin.

8. Pisang
Tak hanya murah dan enak, pisang juga banyak mengandung vitamin A yang biak untuk tubuh. Selain dapat dimakan langsung, olahan pisang sekarang juga sudah banyak variasinya. Namun, pelu diperhatikan, jangan terlalu matang untuk mengolah pisang ini agar kandungan gizinya tetap terjaga.

9. Sereal
Kebanyakan makan sereal yang banyak mengandung vitamin A tentu kurang baik karena asupan ini akan membuat Anda kelebihan vitamin A. Konsumsi dengan porsi cukup per hari.

10. Umbi – umbian
Anda suka dengan kuliner umbi – umbian? Jika iya, maka lanjutkan. Karena umbi – umbian juga merupakan salah satu sumber vitamin A bagi tubuh kita. Jenis umbi yang banyak mengandung vitamin A adalah ubi kuning, ubi kukus, ubi jalar merah, dan ubi rambat merah.

11. Hati sapi
Penelitian membuktikan 100 gram hati sapi mengandung lebih dari 300% dari asupan vitamin A penting untuk per harinya. Tapi ingat kelebihan vitamin A bisa berbahaya bagi tubuh jadi jangan konsumsi terlalau banyak.

12. Olahan susu
Yang terakhir dan perlu Anda perhatikan untuk menjaga agar tak kelebihan vitamin adalah menghindari produk susu olahan.

, , , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge