Select Page

Fakta! 13 Bahaya Borax Bagi Kesehatan

Fakta! 13 Bahaya Borax Bagi Kesehatan

Sedikitnya MedikaNews.Com menemukan beberapa bahaya borax bagi kesehatan, mirisnya Kami menemukan lebih dari sepuluh jenis. Ini tentu menimbulkan keprihatinan, pasalnya zat yang sejatinya merupakan bukan diperuntukkan untuk makanan belakangan ini marak digunakan untuk pengawet makanan, dan hasilnya, konsumsi makanan dengan kandungan borax tinggi akan mengakibatkan banyak hal dan tentunya buruk bagi kesehatan.

Fakta! 13 Bahaya Borax Bagi Kesehatan

Ilustrasi Borax

Borax adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet. Ia berfungi untuk membunuh kuman. Borak biasanya dipakai untuk membuat campuran deterjen, salep kulit, pengawet kayu.

Mirisnya, jika peruntukkan zat ini bukan untuk makanan mengapa hal ini bisa terjadi dan membubuhkan borax untuk makanan, dan pangkalnya hanyalah keuntungan, yang mana makan jika menggunakan zat ini lebih tahan lama dan tidak basi sehingga penjual tak merugi dan bisa dijual kembali keesokan harinya jika hari ini dan kemarin tidak laku. [baca juga : Cara Mudah Ketahui Kadar Borax Dalam Makanan]

Mengapa borax berbahaya bagi kesehatan? Perlu Anda ketahui bahwa, borak memiliki kandungan zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Borak yang telah dikonsumsi manusia, makan substansi zat berbahaya akan terserap oleh usus untuk kemudian menumpuk di dalam hati, ginjal, serta testis. Dan akhirnya kadar toksin yang terkumpul di dalam tubuh akan semakin tinggi sehingga mengakibatkan ganguan fungsi. Berikut adalah 13 efek bahaya borax bagi kesehatan;

1. Borax bisa menyebabkan gangguan otak
2. Hati
3. Ginjal
4. Borax juga dapat menyebabkan demam
5. Anuria (tidak terbentuknya urin)
6. Bisa mengakibatkan koma
7. Mampu merangsang sistem saraf pusat
8. Bisa menyebabkan depresi
9. Menyababkan apatis, kurangnya gairah dalam otaknya seperti kurang emosi dan cenderung “datar”
10. Menyebabkan sianosis, atau warna kulit menjadi pucat dan kebiruan
11. Bisa menurunnya tekanan darah
12. Menyebabkan kerusakan ginjal
13. Menyebabkan pingsan

Fakta! 13 Bahaya Borax Bagi Kesehatan

Ilustrasi Pencampuran Borax

Boraks merupakan bahan beracun bagi manusia, ia bisa diserap oleh tubuh dan disimpan secara kumulatif dalam hati, otak, usus, atau testis yang berdampak dosisnya dalam tubuh semakin lama semakin tinggi. Bila konsumsi secara terus menerus bahaya borax bagi kesehatan adalah dapat menyebabkan kanker.

Boraks memiliki efek racun berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Namun, bahan ini memiliki tingkat efek keracunan yang berbeda. Yang pasti adalah bahaya boraks pada makanan bagi kesehatan sangat mematikan.

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

4 Comments

  1. Aldha Aliyah

    Kalo bahayanya slime/ cairan hijau yang lengket dan mengandung boraks itu gimana?

    Reply
    • mangprop

      kalau borak terpegang tangan, dan dia makan tanpa cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu, maka borak dari slime masuk ke dalam perut, dan kala ini berulang ulang terjadi, maka akan tahu sendiri akibatnya, padahal, semua lem itu pakai borak agar tahan lama atau awet.

      Dan lebih bahaya lagi kalau slime ke makan karena warna slime yang sangat menarik bagi anak anak.

      Reply
  2. Apriliany Mustirah

    Kalau slime yang menggunakan boraks bahaya atau tidak?

    Reply
  3. Nia Hayes - ShunCy

    Borax merupakan perantara yang digunakan untuk berkurangi ketegaran air putih agar tetap bersifat alkalin. Borax berfungsi sebagai pengawet alami, sangat baik untuk menghambat pertumbuhan jamur dan mikroba sehingga borax sangat membantu dalam menghindari peradangan.

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge