Select Page

3 Jenis Tensimeter Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

3 Jenis Tensimeter Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Jenis tensimeter. Cara konvensional atau manual tentu bisa melalui ujung ruas ibu jari, telunjuk, tengah atau manis, dengan meletakkan dibagian titik nadi seperti leher dan tangan maka dengan cara inilah Anda mengukur tekanan darah. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa menggunakan tangan tentu tingkat akurasinya kurang tepat, untuk itu perlu sebuah alat ukur tekanan darah yang tepat yakni dengan menggunakan tensimeter.

Nah, untuk mempermudah khalayak umum melakukan monitoring tekanan darah maka produsen kesehatan melansir sebuah alat yang dinamakan tensimeter. Alat ini sudah sejak lama hadir, dan digunakan diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Apalagi para penderita tekanan darah tinggi, jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan tekanan darah, maka wajib memiliki alat ini dirumah. Dan sedikitnya terdapat 3 macam-macam tensimeter yang ada saat ini, dan ketiganya memiliki kinerja serta fungsi yang sama, yakni sebagai alat ukur tekanan darah.

Tensimeter Air Raksa

3 Jenis Tensimeter Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Tensimeter Air Raksa

Ini merupakan jenis alat ukur tekanan darah konvensional yang sudah jarang digunakan oleh rumah sakit di luar negeri, alasan utamanya adalah sisi keamanan, karena terdapat air raksa sebagai pengukur tekanan darah maka jika pelindungnya pecah maka akab berakibat buruk bahkan di beberapa bagian tubuh berakibat fatal. Meski begitu, keunggulan tensimeter air raksa adalah memiliki tingkat akurasi yang baik, karena sistem kerjanya menggunakan dua alat yakni tensimeter dan stetoskop, keduanya dikombinasi sehingga bisa menyimpulkan secara akurat bahwa tekanan darah Anda normal atau tidak. [lihat : harga tenismeter air raksa]

“Saya lebih sering pakai jenis tensimeter ini, menurut saya akurasinya lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan baterai,” papar Bidan Thalita RS FMC Bogor yang juga membuka praktek di bilangan Gunung Putri, Citerep. Ia juga merasakan bahwa penggunaan jenis alat ukur tekanan darah ini memang repot karena harus menggunakan dua alat, tapi dilihat dari tingkat akurasinya mennurut dia tensimeter air raksa lebih akurat.

Tensimeter Aneroid

3 Jenis Tensimeter Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Tensimeter Aneroid

Lebih aman, alat ukur tekanan darah Aneroid ini tidak menggunakan air raksa tetapi diganti dengan menggunakan jarum mekanik yang akan bekerja ketika tekanan udara yang melingkar pada lengan lewat bahan kain sintetis anti bocor ini. Prinsip kerja tensimeter Aneroid sama dengan tensimeter air raksa, keunggulan tensimeter Aneroid adalah lebih aman karena menggunakan jarum bukan air raksa. [lihat : harga alat ukur tekanan darah Aneroid]

Tensimeter Digital

3 Jenis Tensimeter Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Tensimeter DIGITAL

Ini merupakan alat ukur tekanan darah yang dipercaya lebih akurat, praktis dan modern. Tetapi sebenarnya menurut MedikaNews.com, penggunaan tensimeter digital ini dikhususkan untuk membantu yang terdapat masalah pada pendengaran, karena jika mengalami masalah tersebut tidak bisa menggunakan Tensimeter Aneroid atau Air Raksa. Mesin digital ini memiliki cara kerja sama, tetapi dikonversi secara digital dengan bantuan batu baterai sebagai daya.

Tetapi menurut beberapa pengakuan pasien penggunaan alat digital ini kurang akurat, apalagi daya atau baterai sudah melemah, tingkat akurasinya sudah tidak bisa dipercaya, bisa ukuran melebih batas normal sehingga membuat pasien menjadi khawatir berlebih. [lihat : harga dan cara perawatan tensimeter digital]

Itulah 3 jenis tensimeter yang perlu Anda ketahui sebelum membeli, pilihan tentu ada ditangan Anda, dan perlu Anda ketahui juga bahwa untuk penggunaan alat ukur tekana darah Air raksa dan Aneroid perlu asisten untuk melakukannya, tetapi jika jenis digital, Anda tak perlu asisten. Selamat memilih dan semoga bermantaat.

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

2 Comments

  1. dadang

    mohon advice & rekomendasi nya untuk merk tensimeter digital yg punya akurasi bagus…

    thanks

    Reply
  2. Soemilan

    Biasanya Apotik yg Menyediakan Pemeriksaan Lengkap (Kolesterol, Gula Darah, Asam Urat, Dan Tekanan Darah) Kurang Memperhatikan Prosedur Pemakaian, Baterai Tensimeter Yg Setelah Pemakaian Harusnya Di Lepas Di Biarkan Saja Di Dalam Alat, Sehingga Ketika Pemeriksaan akan Menghasilkan Angka Yg Tidak Akurat, Kalau Sudah Begini Pasien Yg Di Rugikan Karena Akan Menciptakan Kecemasan …..

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge