Home » Tips » Kesehatan » Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Jelang prosesi persalinan, tak sedikit ibu yang mengkhawatirkan rasa sakit, dan cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan tentu beragam, ada yang menggunakan obat pereda rasa sakit hingga gerakan-gerakan yang kerap dilakukan ibu hamil sebelum persalinan.

Salah satu cara untuk mengurangi nyeri saat persalinan adalah dengan mengkonsumsi vitamin D. Ini adalah salah satu cara paling aman dan boleh dibilang mudah dilakukan oleh smua ibu hamil.

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Ilustrasi Vitamin D

Manfaat vitamin D ternyata tak hanya sebatas pada kesehatan tulang dan sistem imun tubuh. Sebuah studi teranyar menyebutkan, kurang vitamin D bisa membuat proses melahirkan menjadi lebih menyakitkan. Untuk itu, tak ada salahnya perbanyak konsumsi vitamin D sebagai cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Dalam penelitian tersebut para ilmuwan mengukur kadar vitamin D dari 93 ibu hamil sebelum mereka melahirkan bayinya. Semua responden telah meminta suntikan epidural untuk menghilangkan nyeri selama persalinan.

Kemudian tim peneliti membuktikan cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan dengan mengukur berapa banyak obat penghilang rasa sakit yang diperlukan tiap ibu hamil selama persalinan. Lalu dibandingkan jumlah pemakaian obat antara wanita dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi dan wanita dengan kadar vitamin D lebih rendah.

Hasilnya, wanita yang memiliki kadar vitamin D rendah memerlukan lebih banyak obat penghilang nyeri dibandingkan dengan wanita yang kadar vitamin D-nya tinggi. Ini menunjukkan, rasa sakit yang mereka alami saat melahirkan lebih hebat sehingga mereka butuh obat lebih banyak.

vitamin vitabrain

“Perempuan sering kekurangan vitamin D selama kehamilan. Padahal dari temuan kami mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan,” kata Dr.Andrew Geller, ahli anestesi di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles.

Kekurangan vitamin D dalam waktu lama diketahui bisa menyebabkan depresi dan rasa sakit, namun ini merupakan studi pertama yang menyoroti kaitan antara vitamin yang berasal dari sinar matahari ini dengan cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Kekurangan vitamin D memang sering ditemui selama kehamilan, khususnya pada kelompok berisiko tinggi termasuk vegetarian, wanita yang jarang terpapar sinar matahari dan etnis minoritas.

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Ilustrasi Rasa Sakit Saat Melahirkan

4 Cara Medis Hilangkan Rasa Sakit Saat Persalinan

Analgesik. Analgesik adalah suntikkan langsung ke dalam darah sebagai cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Analgesik akan membantu mengurangi rasa sakit dan membuat rasa sakit itu tertahan.

Anestesi (epidural) – anestesi epidural ini disuntikan ke tulang punggung bagian bawah. Cairan yang disuntikan membuat rasa sakit bisa dikelola oleh si ibu. Epidural juga akan membuat si ibu terjaga saat proses persalinan.

Pudenda Blok. Saraf pudental saraf dan vagina disuntik dengan obat sebagai cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Suntikan ini biasanya diberikan pada akhir persalinan saat kepala bayi keluar.

Anestesi spinal. Anestesi spinal menggunakan obat mati rasa untuk mematikan seluruh tubuh. Titik injeksi berada di tulang belakang. Anestesi spinal yang paling sering digunakan saat persalinan cesar.

, , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge