Select Page

3 Efek Kerokan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

3 Efek Kerokan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

Efek kerokan untuk kesehatan. Masuk angin, pegal-pegal, meriang, pusing, identik dengan penyembuhan tradisional yakni kerokan. Mungkin untuk istilah kerokan sudah tidak asing lagi khususnya bagi orang Indonesia, pasalnya metode penyembuhan terhadap rasa kurang sehat pada badan dengan cara menorehkan logam tipis seperti uang koin, atau benda tumpul lain kerap dilakukan di beberapa bagian badan terutama punggung bagian belakang hingga kulit berubah warna menjadi merah. Dan jika warna kulit badan yang dikerok tersebut semakin menghitam artinya badan tersebut identik terdapat penyakit, dan kerap disebut masuk angin hingga menimbulkan pegal, meriang, pusing hingga mual kembung pada perut.

Metode penyembuhan ini sudah dikenal cukup lama, entah kapan dimulai namun tak hanya di Indonesia yang menggunakan metode penyembuhan seperti ini, beberapa media yang kerap digunakan seperti koin, batu giok, gundu, hingga jahe dan potongan bawang merah semua digunakan sebagai alat untuk menoreh badan di bagian belakang umumnya. Untuk memberikan peredam rasa sakit, biasanya dibarengi dengan cairan seperti minyak telon, minyak olive, minyak kelapa dan lotion. Vietnam yang menyebut kerokan sebagai cao giodi, Kamboja menyebut goh kyol dan China menyebutnya gua sua.

Cara melakukan kerokan sangat mudah, gosok area kulit atau bagian badan menggunakan media dan cairan agar tidak terlalu sakit secara terus menerus hingga menimbulkan inflamasi dengan tujuan untuk menentralisir rasa sakit dan membuka pori-pori sebagai jalan angin keluar dari dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa, inflamasi ini biasanya ditandai dengan warna kemerah-merahan karena terjadi proses peradangan yang mengandung banyak darah akibat dari pembuluh kapiler yang awalnya kosong karena penyempitan telah melebar dan diisi dengan aliran darah. Oleh karena itu, ketika kerokan kulit akan mengalami kemerah-merahan, dan itulah manfaat kerokan bagi kesehatan untuk mengatasi masalah masuk angin.

Efek Kerokan Untuk Kesehatan

Meskipun metode penyembuhan dengan cara kerokan sangat baik, namun kerokan juga memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Efek atau dampak kerokan memang tidak dirasakan secara langsung melainkan akan dirasakan dalam waktu yang relatif lama.

Untuk itu, usahakan agar jangan terlalu sering melakukan metode penyembuhan dengan cara kerokan, adapun efek kerokan untuk kesehatan itu sendiri adalah sebagai berikut :

Mengakibatkan Kontraksi Dini

Seperti yang kita ketahui ketika kerokan akan terjadi inflamasi. Jika kekebalan tubuh tidak seimbang akan terjadi penolakan terhadap inflamasi dalam tubuh. Maka mediator anti inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang dinamakan Cytokines yang memicu pelepasan Prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Alasan inilah mengapa untuk wanita hamil tidak direkomendasikan untuk melakukan terapi kerokan ketika mengalami masuk angin.

Potensi Terkena Stroke

Ahli penyakit jantung mengatakan kebiasaan kerokan yang dialakukan pada sekitar leher dapat perpotensi terkena stroke bila terjadi syaraf yang rusak. Apalagi jika dilakukan secara terus-menerus pada tempat yang sama khawatirnya terjadi pelebaran dan lalu pecah dan alhasil nyawa yang akan menjadi taruhannya. Namun ini jarang sekali terjadi, untuk menjaga efek  kerokan untuk kesehatan menimbulkan hal yang tak diinginkan lakukan dengan cara hati-hati dan lakukan dengan posisi duduk atau yang paling aman agar metode terapi ini bisa dilakukan dengan baik.

Masuknya Bakteri dan Virus

Pada saat melakukan kerokan kondisi pori-pori tentu saja akan mengalami pelebaran dalam kondisi tersebut gesekan pada kulit dengan benda tumpul tersebut akan memungkinkan berbahgai virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Apalagi jika benda tumpul yang digunakan tersebut tidak dalam kondisi yang steril. Maka dari itu jika selalu perhatikam kesterilan semua benda yang akam digunakan untuk kerokan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dibalik tentang efek kerokan untuk kesehatan sebagai metode alternatif penyembuhan masuk angin, secara medis masuk angin merupakan penyakit yang jarang sekali disembuhkan melalui cara medis, namun begitu, tak ada salahnya untuk sesekali menanyakan penanganan lain untuk masuk angin. Agar terhindar dari penyakit, jagalah pola makan dan pola aktivitas keseharian, lakukan dengan seimbang dan istirahat cukup. Semoga bermanfaat.

About The Author

isprawiro

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge