Home » Tips » Kesehatan » Keluarga » Ups! Ini Penyebab Anak Perempuan Gemuk

Perlu Anda ketahui bahwa kisruh rumah tangga dan keluarga tak hanya mempengaruhi hubungan suami dan istri, tapi juga bisa memberikan dampak pada anak perempuan. Salah satunya adalah penyebab anak perempuan gemuk. Apa iya?

Mengapa demikian? Itu tentu pertanyaan setiap orang, apa ada hubungannya antara karut-marut rumah tangga dengan psikologis anak sehingga membuat berat badan menjadi bertambah.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Daphne Hernandez, asisten professor di University of Houston, mengatakan bahwa orangtua sering menyalahkan lingkungan sekolah ketika pola makan anak mengalami gangguan. Padahal penyebab anak perempuan gemuk salah satunya dan boleh dikatakan penyebab utama adalah permasalahan rumah tangga.

Menurut temuan Dr Hernandes, gangguan pola makan anak sebenarnya pemicu dasarnya adalah lingkungan keluarga dan kondisi yang terjadi di rumah. Mengapa anak perempuan?

vitamin vitabrain

Dalam penelitian yang dimuat dalam journal Preventive Medicine, Dr. Hernandez melakukan penelitian terhadap 4.762 remaja antara tahun 1975-1990 menggunakan data dari National Longitudinal Study of Youth. Kemudian, Dr. Hernandez melihat lebih lanjut mengenai kondisi stres keluarga, seperti orangtua yang bercerai atau pernikahan kedua orangtua, kematian dalam keluarga, krisis keuangan, pendidikan orangtua, dan tindakan kriminal yang dilakukan salah satu anggota keluarga.

Dari penelitian tersebut, Dr. Hernandez menemukan bahwa tiap remaja dipengaruhi oleh faktor keluarganya sampai usia 15 tahun, lalu berpengaruh pada kondisi tubuh pada usia 18 tahun. Kemudian, remaja perempuan berusia 18 tahun, kondisi keluarga yang terganggu serta stres finansial mempengaruhi bobot tubuhnya, sehingga menyebabkan obesitas. Namun, kondisi ini tidak terjadi pada anak remaja lelaki. [baca juga : Dampak Perceraian Untuk Anak Yang Perlu Diketahui]

“Tubuh mengeluarkan kortisol saat stres, dan menyebabkan Anda merasa tak kenyang. Secara perilaku Anda akan lebih tertarik kepada makanan dengan kalori dan lemak tinggi. Pola Ini umumnya lebih berlaku pada perempuan ketimbang laki-laki,” jelas Dr Hernandez.

Itulah alasan mengapa anak perempuan cenderung mengalami perubahan berat badan, penjelasan medis secara psikologis tak bisa dipungkiri terjadi pada remaja putri. Sebagai solusi, Anda tentu lebih dulu memperbaiki kisruh rumah tangga kemudian menurunkan berat badan putri Anda. Jadi, jangan salahkan putri Anda jika ia gemar makan dan berat badan bertambah seiring permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga Anda. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,

About

Pernah bekerja di beberapa surat kabar nasional, copywriter serta editor konten blog ecommerce dan belajar SEO.

commentscomments

  1. emje says:

    apa iya, masa sih? kayaknya ngga juga deh

  2. ambra says:

    hi sist, maybe its true.. bisa jadi sist, ini kejadian sama sepupu ku yang sekarang tinggal di jayapura.. bersamaan dengan kisruh antara sepupuku sama suaminya yang kerja di freeport anak perempuan pertamanya di usia 12 tahun semakin gemuk sedangkan anak keduanya laki-laki tidak, padahal usianya hanya terpaut 2 tahun.

    Jdi ini ada pengaruhnya dengan psikologi anak kayaknya, tapi memang ngga semuanya sih.. tapi contoh ini ingetin aku sama sepupuku.. mudah2an mereka membaik

  3. emje says:

    ogitu sist… oh oke2.. iya mudah2an mereka bisa membaik menata rumah tangga dan si gadis yang menjelang dewasa itu akan lebih ramping hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge